Jokowi: Perang Rusia dan Ukraina Masih Lama, Imbasnya ke Mana-Mana

Jokowi: Perang Rusia dan Ukraina Masih Lama, Imbasnya ke Mana-Mana
Jokowi Resmikan Papua Football Academy. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 7 September 2022 12:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita tentang pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dari hasil pertemuan itu, dia menyimpulkan bahwa perang antar kedua negara itu masih akan berlangsung lama.

"Saya bicara dengan Zelenskyy 1,5 jam, dengan Putin 2,5 jam tapi dengan kursi dekat," kata Jokowi dalam acara normalisasi kebijakan menuju pemulihan ekonomi Indonesia di Jakarta, Rabu (7/9).

"Dari ketemu 2 presiden itu, saya simpulkan keadaan ini akan berjalan masih lama lagi, jangan berharap perang besok atau bulan depan selesai!" ujarnya.

Kepala negara mengungkapkan, untuk sekadar membuka ruang dialog antar kedua pemimpin negara itu begitu sulit. "Sangat tidak mudah, kita mendorong agar terjadi dialog saja, menyiapkan ruang dialog saja sangat-sangat sulit sekali," ucapnya.

Akhirnya, Jokowi membelokkan dialognya saat bertemu Zelenskyy dan Putin ke masalah krisis pangan. "Sehingga saya belokkan ya sudah lah ngomong-ngomong, enggak ketemu. Saya ngomong krisis pangan saja," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Imbas Perang Rusia dan Ukraina

Jokowi mengatakan, perang Rusia dan Ukraina memberikan dampak besar ke seluruh negara di dunia. Baik ke sektor pangan, energi, minyak, hingga keuangan.

"Imbasnya ke mana, ke mana lagi, pangan ya kenaikan harga pangan di seluruh negara, energi iya, gas sampai 5 kali dan minyak sampai 2 kali, terus berimbas ke mana lagi? Ke keuangan? Iya juga sejauh mana mempengaruhi growth? Inflasi? Negara mana yang kena? Ini harus hati-hati betul, tidak bisa kita hanya bicara makronya saja, mikronya juga dan lebih penting lagi detil satu per satu harus dikupas," ujarnya.

Jokowi bertemu Zelenskyy di Istana Maryinsky pada 29 Juni 2022. Sementara Jokowi bertemu dengan Putin di Istana Kremlin pada 30 Juni 2022 sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Baca juga:
Putin: Barat Sedang Jatuh, Masa Depan Ada di Asia
Porak-poranda Apartemen di Kharkiv Akibat Digempur Rusia
Senyum Vladimir Putin Pantau Latihan Militer Vostok 2022
Moskow Ungkap Syarat Dialog Putin-Zelenskiy
Putin Keluarkan Kebijakan Luar Negeri Baru Utamakan "Dunia Rusia"
Joe Biden Tolak Sebut Rusia sebagai Negara Pendukung Terorisme

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini