Jokowi Perintahkan Menkominfo Tingkatkan Pemanfaatan Palapa Ring

Jokowi Perintahkan Menkominfo Tingkatkan Pemanfaatan Palapa Ring
Palapa Ring Project. © kominfo.go.id
PERISTIWA | 26 Februari 2021 10:20 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate agar meningkatkan manfaat Palapa Ring di Indonesia. Dia mencatat hingga saat pemanfaatan masih 50%, malah di bagian Indonesia timur dan tengah baru 20%.

"Jangan hanya 50% saja, utilisasi di Indonesia tengah dan timur yang masih sekitar 20% ini harus digenjot terus," kata Jokowi saat memberikan arahan pada Peluncuran Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (26/2).

Jokowi juga meminta kepada Johnny untuk memastikan Palapa Ring tidak berhenti sebagai saluran atau koneksi, tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga.

"Agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan oleh seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini," katanya.

Jokowi juga mengatakan selama lima tahun terakhir pemerintah sudah membangun konektivitas nasional. Selain melalui tol laut dan pembangunan pelabuhan-pelabuhan, pemerintah juga telah membangun konektivitas digital.

"Kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara melalui tol langit," ungkapnya.

Hal tersebut kata Jokowi bukan hanya untuk kepentingan ekonomi tetapi untuk mempererat Indonesia yang memiliki banyak pulau. Sehingga mempercepat seluruh pelayanan mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pariwisata.

"Tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," ungkapnya. (mdk/yan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami