Jokowi Sebut Pancasila Tetap Jadi Bintang Penjuru Hadapi Pandemi Covid-19

Jokowi Sebut Pancasila Tetap Jadi Bintang Penjuru Hadapi Pandemi Covid-19
PERISTIWA | 1 Juni 2020 08:47 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ruang Garuda Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6). Jokowi mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini menguji bangsa yang kesulitan di tengah pandemi Covid-19.

"Peringatan hari Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang menguji kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita," kata Jokowi saat membacakan pidato, Senin (1/6).

Dia melanjutkan, Hari Lahir Pancasila kali ini juga menguji kedisiplinan dan kepatuhan bangsa. Kemudian, menguji agar setiap langkah yang diambil bisa tepat sasaran.

"Menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat," ucap kepala negara.

Dia menambahkan, dalam menghadapi ujian tersebut, harus disyukuri bahwa Pancasila tetap masih jadi bintang penjuru untuk menggerakkan bangsa, menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian untuk saling berbagi serta memperkokoh persaudaraan.

"Dalam menghadapi ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan kegotong royongan kita untuk meringankan seluruh anak negeri," ungkap Jokowi.

Jokowi juga meminta agar nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan. "Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup yang bekerja dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup yang bekerja dalam kehidupan kita, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia," tukasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Hari Lahir Pancasila, PDIP Sebut Tantangan Kekinian Mewujudkan Keadilan Sosial
Jokowi Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Romo Benny Ingatkan Teknologi Bisa Jadi Alat Pecah Belah Bangsa
Presiden Jokowi: Pancasila jadi Benteng Menghadapi Bahaya Ideologi-ideologi Lain
Gubernur Anies Pimpin Upacara Hari Pancasila di Monas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5