Jokowi: Semua Waduk yang Sedimennya Tinggi Diselesaikan dengan Vetiver

Jokowi: Semua Waduk yang Sedimennya Tinggi Diselesaikan dengan Vetiver
Jokowi Tanam Vetiver di Bogor. ©2020 Merdeka.com/Rasyid Ali
PERISTIWA | 15 Februari 2020 18:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa seluruh waduk yang memiliki masalah sedimentasi tinggi kini tak lagi diselesaikan dengan cara dikeruk. Dia menilai setiap tahunnya sedimen di waduk selalu dikeruk, namun tak lama muncul kembali.

Menurut dia, hal itu karena hulu waduk tidak pernah diperhatikan. Untuk itu, Jokowi ingin ke depannya masalah sedimentasi waduk diselesaikan dengan penanaman vetiver di kawasan hulu.

"Semua waduk yang saya lihat baik di Sulawesi, di Jawa, Sumatera semuanya problem sedimen diselesaikan dengan dikeruk, keliru," ujar Jokowi saat acara penanaman vetiver di Desa Jatisari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2).

"Selesaikan hulunya dengan tanaman ini (vetiver) akan menyelesaikan masalah (sedimen)," sambungnya.

Adapun vetiver atau akar wangi diyakini Jokowi bermanfaat untuk perbaikan lingkungan. Salah satunya, ampuh mengatasi permasalahan banjir, longsor, dan juga sedimentasi.

"Semua waduk yang sedimennya tinggi diselesaikan dengan cara penanaman-penanaman begini, sengon, tanaman buah-buahan petai, jengkol, durian sirsak. Tapi jangan lupa dengan ini yang namanya vetiver," jelas dia.

Baca Selanjutnya: Dalam kurun waktu setahun akar...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami