Jokowi Serahkan 124.120 Sertifikat Tanah Hasil Redistribusi Kepada Masyarakat

Jokowi Serahkan 124.120 Sertifikat Tanah Hasil Redistribusi Kepada Masyarakat
Jokowi Menerima Atlet Paralimpiade. Biro Pers Sekretariat Presiden
NEWS | 22 September 2021 14:45 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 124.120 sertifikat tanah hasil redistribusi kepada masyarakat. Hasil redistribusi tanah tersebut berasal dari 26 provinsi dan 127 kabupaten kota.

"Hari ini bertepatan dengan hari agraria dan tata ruang tahun 2021 saya akan menyerahkan 124.120 sertifikat tanah hasil redistribusi di 26 provinsi dan 127 kabupaten dan kota," katanya dalam acara penyerahan sertifikat redistribusi tanah obyek reforma agraria di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/9).

Jokowi menuturkan, 5.512 sertifikat tanah diantaranya merupakan hasil penyelesaian konflik agraria di 7 provinsi dan 8 kabupaten kota yang menjadi prioritas pemerintah di tahun 2021. Menurutnya, penyerahan sertifikat hari ini sangat istimewa karena betul-betul tambahan tanah baru untuk rakyat.

"ini adalah tanah yang fresh betul-betul yang berasal dari tanah negara hasil penyelesaian konflik, tanah terlantar dan pelepasan kawasan hutan," ucapnya.

"ini merupakan hasil perjuangan kita bersama, perjuangan bapak ibu sekalian yang juga melibatkan kelompok-kelompok organisasi masyarakat sipil dan tentu juga dari pemerintah," sambungnya.

Jokowi menambahkan, bahwa pemerintah tak hanya memberikan sertifikat tanah saja. Dia meminta kepada kementerian pertanian, Kementerian desa, kementerian koperasi, serta kementerian kelautan dan perikanan untuk menyalurkan bantuan bantuan berupa modal, bibit, pupuk maupun pelatihan kepada rakyat.

"agar tanah yang digarap bapak ibu penerima manfaat reforma agraria ini lebih produktif, sekali lagi agar tanah yang ada lebih produktif, memberikan hasil untuk membantu kehidupan bapak sekalian," kata Kepala Negara.

Eks Wali Kota Solo itu juga meminta kepada masyarakat menjaga sertifikat tanahnya dengan baik. Tidak hilang dan rusak atau beralih fungsi maupun dialihkan kepada orang lain.

"dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini penyerahan sertifikat redistribusi tanah obyek reforma agraria saya serahkan, terima kasih," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Cegah Sengketa, Ma'ruf Amin Dorong Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf
KPK Soroti Ribuan Aset Tanah Pemerintah di Jabar Belum Bersertifikat
Cara Mengurus Sertifikat Tanah Beserta Syarat dan Biayanya, Lengkap dan Urut
1.000 Bidang Aset Pemkab Bogor Ditargetkan Disertifikasi Tahun Ini
Cegah Pemalsuan, BPN Bakal Perbaiki Kualitas Produk Sertifikat Tanah
Titip 78 Sertifikat Tanah ke Temannya, Jalaluddin Syok Malah Digadai ke Bank

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami