Jokowi Teken Perpres Soal Aturan Pelaksanaan Paten oleh Pemerintah

Jokowi Teken Perpres Soal Aturan Pelaksanaan Paten oleh Pemerintah
Potret Jokowi dan Prabowo kerja bareng. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
PERISTIWA | 12 Juli 2020 10:55 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken Peraturan Presiden terkait tata cara pelaksanaan paten oleh pemerintah. Peraturan bernomor 77 tahun 2020 tersebut menjelaskan tentang pelaksanaan ketentuan Pasal 120 Undang Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten.

"Terkiat tentang paten perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang tata cara pelaksanaan paten oleh pemerintah," dalam peraturan tersebut yang dikutip merdekacom, Minggu (12/7).

Peraturan yang diteken Jokowi pada 7 Juni tersebut menjelaskan paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu. Kemudian melaksanakan sendiri Invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Kemudian pemegang paten adalah inventor sebagai pemilik Paten. Pihak yang menerima hak atas paten tersebut dari pemilik paten. Atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak atas paten tersebut yang terdaftar dalam daftar umum Paten.

"Invensi atau Pemegang Paten yang dihasilkan oleh inventor dalam hubungan dinas atau Pemegang paten dari penerima lisensi-wajib atau Pemegang paten atas Paten yang dilaksanakan oleh Pemerintah," tulis peraturan tersebut.

Selanjutnya dalam peraturan tersebut dijelaskan pemerintah dapat melaksanakan sendiri paten berdasarkan pertimbangan. Pertama yaitu berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara, kedua kebutuhan sangat mendesak untuk kepentingan masyarakat.

"Paten yang mengganggu atau bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan negara hanya dapat dilaksanakan oleh pemerintah," bunyi pasal 3 peraturan tersebut.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya dalam pelaksanaan paten dapat...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami