Jokowi yakin PPKM Mikro Bisa Tekan Laju Penambahan Kasus Covid-19 Baru di Indonesia

Jokowi yakin PPKM Mikro Bisa Tekan Laju Penambahan Kasus Covid-19 Baru di Indonesia
Sidak protokol kesehatan di kawasan industri. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
PERISTIWA | 23 Februari 2021 14:54 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro akan menekan laju penambahan kasus baru di Indonesia. Diketahui pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan PPKM skala mikro atau PPKM Mikro dari 23 Februari 2021 sampai 8 Maret 2021.

"Dengan pola penanganan skala mikro saya meyakini kurva laju penambahan kasus baru akan dapat ditekan dan masyarakat juga mendapatkan pelayanan bantuan yang diperlukan," kata Jokowi saat memberikan sambutan Pada International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic dalam akun youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2).

Dia mengatakan strategi penanganan berskala mikro tersebut melibatkan unit sosial komunitas yang paling bawah yaitu RT dan RW. Kemudian kata Jokowi, RT dan RW juga dilibatkan dalam penyaluran bansos bagi masyarakat terdampak.

Terkait vaksinasi Covid-19, Jokowi mengatakan pemerintah hingga saat ini sedang mengamankan vaksin untuk kebutuhan nasional. Walaupun demikian Jokowi pun terus mendorong agar kesetaraan akses vaksin Covid-19 bisa terealisasi.

"Namun, selalu berupaya berkontribusi bagi negara-negara lain, bagi dunia. Oleh sebab itu pentingnya kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara terus saya bawakan sampai di tingkat PBB," ujarnya.

"Kita juga bergerak di tataran multilateral, berkontribusi melalui institusi-institusi internasional. Indonesia adalah salah satu co chairs dari covac AMC engagement group," tambahnya.

Jokowi pun mengatakan vaksin menimbulkan harapan baru bagi seluruh masyarakat. Negara-negara di dunia pun kini kata Jokowi berpacu untuk mengamankan vaksin bagi kebutuhan rakyatnya.

"Walaupun demikian Indonesia juga saat ini terus mendorong agar kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua dapat terus kita dorong," ungkap Jokowi.

Jokowi juga bersyukur Indonesia sudah mendapatkan pasokan vaksin Covid-19. Di awal pandemi kata Jokowi pemerintah sudah mengamankan akses dan komitmen mendapatkan jatah vaksin untuk Indonesia.

"Hasilnya, Indonesia adalah termasuk negara pertama di Asia tenggara yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021," katanya. (mdk/bal)

Baca juga:
Wagub DKI Sebut Ada Penurunan Kasus Aktif Covid saat PPKM Mikro
Kabupaten Bogor Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret
Pemprov DKI Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret
Langgar Aturan PPKM Mikro, Sejumlah Lokasi Usaha di Solo Ditutup
Kemendes: Zona Bebas Covid-19 Meningkat Sejak Penerapan PPKM Mikro
Satgas Covid-19 Sebut PPKM Mikro Ringankan Beban RS

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami