Jual Senpi Rakitan Hasil Modifikasi Airsoft Gun, Yongki Ditangkap Polisi

PERISTIWA | 1 November 2019 14:00 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Pria bernama Yongki alias CMF (26) meraup untung lewat transaksi penjualan senjata api rakitan hasil modifikasi airsot gun. Dia telah menjual dua unit senjata rakitan ke penjualnya.

Kanit Reskrim Polsek Ciputat Iptu Erwin Subekti mengatakan senjata api yang ditemukan petugas saat menggeledah rumah pelaku di Komplek Kostrad, Petukangan, Jakarta Selatan adalah senjata airsoft gun.

"Air softgun ini didapat pelaku dari toko online, termasuk butir amunisi. Ada dua toko online berbeda," terang Erwin, Jumat (1/11).

Sebelumnya, Reskrim Polsek Ciputat behasil mengamankan perakit dan penjual senjata api rakitan di rumahnya di Komplek Kostrad, Petukangan, Jakarta Selatan. Mulanya, Polisi hendak mengamankan pelaku karena, terlibat peredaran narkotika.

Dari rumah pelaku, Polisi mendapati barang bukti berupa satu unit pistol jenis FN, tiga unit pistol revolver WG733, Dua unit pistol Revolver WG708 serta satu kotak peluru ramset isi 67 butir, 18 butir peluru 22LR, 3 butir peluru SPL dan dua grid pistol revolver, sejumlah alat untuk merakit senjata api serta 2,53 gram ganja dan 10,10 gram sabu-sabu.

Erwin menyebut Yongki mengakui telah menjual senjata api yang dia modifikasi itu, pada dua orang pemesannya. Dengan harga Rp5 juta perunit, untuk jenis senjata api pistol revolver.

"Dua orang pembelinya sudah kami tetapkan sebagai DPO berinisial S dan A. Kedua orang ini membeli pistol revolver seharga Rp5 juta," terang Erwin.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku Yongki kini mendekam dibalik jeruji Mapolsek Ciputat. Pelaku, disangkakan pasal kepemilikan senjata api ilegal sesuai undang-undang nomor 12 tahun 1951 tentang senjata api dan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Baca juga:
Jual Senpi Rakitan dan Narkotika, Seorang Pemuda di Petukangan Diringkus Polisi
Habil Marati Sebut Dakwaan Jaksa Sangat Politik dan Melanggar Kemanusiaan
Habil Marati Bacakan Eksepsi Kepemilikan Senjata Api Ilegal
Hakim Tunda Sidang Kivlan Zen hingga Pekan Depan
Duduk di Kursi Roda, Kivlan Hadiri Sidang Lanjutan Kepemilikan Senpi Ilegal

(mdk/ray)