Juara MTQ Internasional Cerita Keharuan Dipuji dan Dipeluk Erdogan

PERISTIWA | 28 Mei 2019 15:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juara 1 Musabaqah Hifdz al-Qur'an (MTQ) Internasional, Syamsuri Firdaus, mengaku senang bisa bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kepada Jokowi, Syamsuri menceritakan kesannya mendapat penghargaan langsung dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Bertemu sama Pak Jokowi, membicarakan bagaimana kesannya diberikan penghargaan oleh Presiden Erdogan," kata Syamsuri usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (28/5).

Saat diberi penghargaan, ungkap, Erdogan memuji suaranya yang merdu saat membaca Alquran. Tak hanya itu, Erdogan juga sempat memeluknya.

"Habis itu dia peluk saya dan Alhamdulillah saya merasa terharu, sedih, campur bahagia dan memang luar biasa Barakah Quran, Alhamdulillah saya bisa bertemu dengan Presiden Erdogan, lebih-lebih Presiden RI Pak Jokowi," jelas dia.

Pertemuan antara Jokowi dan Syamsuri berlangsung secara tertutup sekitar 20 menit. Syamsuri mengatakan Jokowi menitipkan pesan agar dirinya terus meningkatkan prestasi.

"Tetap semangat dan berjuang sungguh-sungguh untuk meningkatkan dan mensyiarkan Alquran untuk memotivasi, menginspirasi generasi penerus bangsa," ujarnya.

Seperti diketahui, Peserta Indonesia, Syamsuri Firdaus dari Nusa Tenggara Barat terpilih menjadi Juara 1 dalam Tilawah Al Quran pada MTQ Internasional ke-7 di Turki, yang telah diselenggarakan pada tanggal 20-25 Mei 2019 di Mesjid Agung Camlica, Istanbul.

Penghargaan juara-1 diberikan langsung oleh Presiden Turki, Y.M. Recep Tayyip Erdo─čan, begitu juga kepada juara 2 peserta dari negara Niger dan juara 3 dari Qatar, yang disaksikan para undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya M.

MTQ Internasional ini diikuti oleh sekitar 60-an peserta lainnya dari berbagai negara Timur Tengah dan Eropa.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Jokowi Undang Syamsuri Firdaus Pemenang MTQ Internasional ke Istana
Lantunan 2 hafiz cilik asal Indonesia bikin haru warga muslim Rusia di MTQ Moscow
MTQ Nasional ke-27 di Sumut berakhir, DKI Jakarta jadi juara umum
Menko Puan harap MTQ Nasional XXVII 2018 bisa perkuat kebhinekaan
Sakit di Bandara Kualanamu, anggota kafilah MTQN asal Banten meninggal
Anies Baswedan lepas Kafilah DKI Jakarta ke MTQ Nasional
Berlomba membuat kaligrafi di MTQ ke-9 Kota Tangsel

(mdk/lia)