Jubir Gugus Tugas Covid-19 Gambarkan Kondisi RS Darurat Wisma Atlet

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Gambarkan Kondisi RS Darurat Wisma Atlet
PERISTIWA | 23 Mei 2020 18:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto berkesempatan mengunjungi Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Dia menceritakan pengalamannya mengunjungi rumah sakit karantina untuk pasien terjangkit virus Corona itu.

"Hari ini kami melihat langsung kondisi rumah sakit darurat Wisma Atlet, dan seluruh sistem sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku," katanya di Jakarta, Sabtu (23/5).

Wisma Atlet merupakan rumah sakit darurat yang dijadikan khusus untuk penanganan Covid-19, tentu saja berbeda dengan rumah sakit biasa. Di mana wilayah di lingkungan Wisma Atlet merupakan daerah karantina.

"Oleh karena itu tidak sama dengan rumah sakit biasa, yang mana orang lebih bebas untuk keluar masuk. Wisma Atlet merupakan wilayah karantina yang dibatasi dan itu mohon untuk dimaklumi bersama," ujarnya.

Rumah sakit darurat tersebut terbagi beberapa zona. Zona pertama untuk kegiatan pendukung umum dari pelaksanaan tugas rumah sakit darurat, termasuk urusan logistik maupun bantuan dari banyak pihak, sedangkan zona kedua untuk kegiatan administrasi.

Yurianto mengakui sumber daya manusia di zona itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda karena sebagian besar merupakan para relawan, baik dari pemerintah, perguruan tinggi dan swasta.

"Para relawan tersebut telah diberikan sosialisasi dan pelatihan sebelum ditugaskan di rumah sakit ini, sehingga mengerti prosedur atau SOP nya," ujarnya.

Para relawan tersebut akan mengikuti pemeriksaan kesehatan setelah ditugaskan selama satu atau dua bulan di Wisma Atlet. Zona berikutnya, dia menjelaskan, untuk perawatan pasien.

Baca Selanjutnya: Yurianto mengatakan sebagian besar pasien...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami