Jubir Istana Sebut Influencer Punya Peran Penting

Jubir Istana Sebut Influencer Punya Peran Penting
PERISTIWA | 31 Agustus 2020 20:47 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menilai keberadaan aktor digital sangat penting di tengah perkembangan era transformasi dan demokrasi digital. Keberadaan mereka dianggap sangat penting sebagai key opinion leader.

"Pada konteks pemerintahan demokrasi, kelas menengah, kelompok sosial yang sangat aktif di dunia digital selalu dibutuhkan sebagai jembatan komunikasi kebijakan pemerintah dengan seluruh warga," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman dalam siaran pers, Senin (31/8).

Tak hanya di Indonesia, kata dia, di banyak negara peran para aktor digital ini juga dianggap penting.

"Para aktor digital yang merupakan key opinion leaders di banyak negara demokrasi sangat aktif mengambil peran penting dalam komunikasi kebijakan publik," klaim Fadjroel.

Sehingga, katanya, keberadaan aktor digital dalam ini termasuk para influencer sangat memiliki pengaruh terhadap aktivitas produktif ekonomi, sosial dan politik.

"Perkembangan masyarakat digital dengan peranan para aktor digital (salah satunya influencer ) umumnya adalah kelas menengah adalah keniscayaan dari transformasi digital. Aktor digital akan terus berkembang dalam peran-peran penting membangun jaringan informasi yang berpengaruh terhadap aktivitas produktif sosial ekonomi dan politik," ungkap Fadjroel.

Keterlibatan para aktor digital termasuk influencer sebagai jembatan komunikasi di dunia digital, katanya, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa Indonesia harus melakukan transformasi digital sebagai prasyarat transformasi ekonomi dan demokrasi digital.

Oleh karenanya, banyak bagian dari strategi kebijakan yang perlu berpijak pada sistem dan masyarakat digital. Termasuk pengakuan peran kuat aktor digital sebagai jaringan informasi.

"Sebuah keniscayaan di era digital, para aktor digital menjadi pemain penting perubahan paradigma dari top-down strategy ke participative strategy, di mana publik berpartisipasi aktif dalam komunikasi kebijakan," ungkap Fadjroel.

Baca Selanjutnya: Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritisi...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami