Jubir Penanganan Covid-19: Sumbangan R 82,5 M Kami Pertanggungjawabkan dengan Baik

Jubir Penanganan Covid-19: Sumbangan R 82,5 M Kami Pertanggungjawabkan dengan Baik
PERISTIWA | 6 April 2020 17:24 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Pemerintah baru saja menerima sumbangan sebesar Rp82,5 miliar dari masyarakat dunia terkait penanganan Covid-19. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan pihaknya akan menggunakan dana tersebut secara bertanggung jawab.

"Partisipasi masyarakat dari seluruh penjuru dunia telah kita terima Rp82,5 miliar, sudah disumbangkan untuk penanganan Covid-19 ini. Kami mempertanggungjawabkan ini secara baik, kami mempertanggungjawabkan ini secara berimbang," kata Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/4).

Ia memastikan komitmen pemerintah akan terus diperkuat dengan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) yang sangat dibutuhkan tenaga kesehatan dalam menangani virus Corona.

Yuri mengatakan pemerintah prihatin masih saja ada tenaga kesehatan yang terkena Covid-19 dan gugur dalam menjalankan tugasnya menangani penyebaran virus corona baru tersebut.

Oleh karena itu, distribusi APD akan terus-menerus dilakukan berbasis kebutuhan masing-masing provinsi dimana hingga saat ini Gugus tugas sudah aktif di 27 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

"Ini respons nyata kesungguhan pemerintah mengharmonisasikan upaya pencegahan Covid-19," katanya.

Ia menyebutkan pemerintah sampai saat ini juga terus melakukan pemeriksaan sampel swap menggunakan metode Polymease Chain Reaction (PCR) hingga menyentuh angka 11.242 orang.

"Kami laporkan per 6 April ini sudah melaksanakan pemeriksaan spesimen terhadap 11.242 orang," kata Yurianto.

Dari 11.242 orang yang telah menjalani pemeriksaan spesimen, kata dia, sebanyak 8.000 orang atau 80 persennya dinyatakan tidak terbukti positif Covid-19.

Namun, ia meminta masyarakat harus tetap melakukan langkah-langkah menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan, sebab itu adalah hal-hal yang penting dan mendasar dalam penanganan Covid-19.

"Ingatkan semuanya, saling mengingatkan, ini menjadi kunci keberhasilan kita. Oleh karena itu, mari kita tetap berkomitmen melaksanakan tugas-tugas kita," kata Yuri. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
Wabah Corona, Pemerintah Sudah Periksa 11.242 Spesimen, 80% Hasilnya Negatif
Jadi RS Darurat Corona, Pertamina Jaya Mampu Lakukan 1.300 Tes per Hari
CEK FAKTA: Tidak Benar Pemprov DKI Alokasikan Dana Penanganan Corona Hanya Rp130 M
THR dan Gaji ke-13 PNS Telat Dibayarkan Bisa Perburuk Ekonomi di Tengah Wabah Corona
Kementerian PUPR Pastikan Program Bedah Rumah Tetap Berjalan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami