Jubir Presiden: Menumbuhkan Habitus Indonesia Maju Merupakan Prinsip Perpindahan IKN

Jubir Presiden: Menumbuhkan Habitus Indonesia Maju Merupakan Prinsip Perpindahan IKN
Fadjroel Rachman di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 1 Oktober 2021 14:57 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, merupakan simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju.

Dia menjelaskan, transformasi progresif itu antara lain transformasi dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru yang berprinsip pada Indonesiasentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, perlindungan lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim, kualitas baru tata kelola pemerintahan, serta transformasi progresif yang menyeluruh dalam kehidupan sosial, ekonomi dan budaya.

"Ibu Kota Negara yang baru, berada di tengah wilayah geografis Nusantara, merupakan simbol transformasi progresif menuju Indonesia Maju," katanya di Jakarta, Jumat (1/10).

Fadjroel menyampaikan, perpindahan IKN sebagai tonggak transformasi progresif itu telah disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa perpindahan ibu kota jangan dilihat sekadar sebagai perpindahan kantor pemerintahan atau pindah lokasi, tetapi harus ada sebuah transformasi, pindah cara kerja, pindah budaya kerja, pindah sistem kerja, dan juga ada perpindahan basis ekonomi.

"Menumbuhkan habitus Indonesia Maju merupakan prinsip utama perpindahan IKN dalam pandangan Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Menurutnya, pemindahan Ibu Kota Negara di Pulau Kalimantan merupakan bagian dari keberpihakan Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintahannya untuk mengonsolidasikan tatanan demokrasi dan pemerataan kesejahteraan yang didambakan rakyat Indonesia.

Selain itu juga untuk mendorong perubahan kultur dan sistem yang mampu menjawab tantangan jaman dan memeratakan keadilan pembangunan atau Indonesiasentris.

"Halangan perubahan bisa muncul dari para pendukung kebiasaan lama, namun Bangsa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan tulus ikhlas mengajak seluruh rakyat Indonesia bergotong-royong mengatasi masalah dan bergerak maju bersama-sama," terangnya seperti dilansir dari Antara.

Fadjroel mengatakan Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur akan menjadi lokomotif bangsa indonesia mewujudkan Indonesiasentris dan Indonesia Maju. "Kita yakin Indonesia Maju," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Bos Bappenas: Pembangunan Infrastruktur di Ibu Kota Baru Telah Dimulai
Pemerintah Sebut Pemindahan Ibu Kota Negara Tak Akan Selesai dalam 3-4 Tahun
Pemerintah Serahkan Surat Presiden Terkait Pemindahan Ibu Kota ke DPR
DPR Terima Surpres RUU IKN, Puan Sampaikan Sejumlah Catatan
Proyek Ibu Kota Baru Masuk Prioritas, Dapat Anggaran Rp510,79 M Tahun Depan
Kementerian PUPR Mulai Bangun Infrastruktur Penunjang di Ibu Kota Baru

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami