Jumlah Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Wali Kota Palembang Evaluasi PSBB

Jumlah Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Wali Kota Palembang Evaluasi PSBB
PERISTIWA | 26 Mei 2020 14:59 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dimulai sejak 20 Mei 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan terus meningkat. Hal ini menjadi bahan evaluasi pemerintah setempat untuk mengatasinya.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengakui penerapan PSBB belum diikuti penurunan pasien positif yang kini telah berjumlah 457 kasus. Menurut dia, evaluasi sangat perlu dilakukan agar diketahui penyebabnya dan tujuan memutus rantai penyebaran bisa terwujud.

"Kalau masih terjadi penyebaran, PSBB bisa saja kita evaluasi untuk lebih baik," ungkap Harnojoyo, Selasa (26/5).

Dia menilai pada dasarnya warganya sudah mulai disiplin dan mengikuti anjuran pemerintah seperti menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah terlebih mendekati kerumunan. Kondisi itu dia ketahui saat mengecek penerapan sanksi PSBB di beberapa lokasi. Dia hanya menemukan beberapa orang yang menggunakan masker tetapi masih duduk bersebelahan di kursi depan mobil pribadi.

"Begitu saya tegur pindah ke belakang. Saya lihat kesadaran pengendara baik motor atau mobil sudah meningkat, tinggal kita tegaskan sanksi agar menjadi efek jera bagi pelanggar," kata dia.

Kasatpol PP Palembang GA Purta Jaya mengatakan, sejauh ini ada 30 pelanggar tidak mengenakan masker dihukum membersihkan fasilitas publik, seperti taman Kambang Iwak. Mereka ditemukan tidak menggunakan masker saat berkendara, berada di mal, dan pasar.

"Kami siapkan seratus rompi bertuliskan pelanggar PSBB, siapa melanggar pakai rompi itu sambil bersih-bersih. Biar mereka malu dan peringatan bagi warga lain," ujarnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Gubernur Sumbar Sebut Pemudik Turun 30 Persen saat Penerapan PSBB
Menko Airlangga Siapkan Mekanisme Penilaian Wilayah yang Bisa Terapkan New Normal
CEK FAKTA: Tidak Benar PSBB di Jakarta dan Bandung Ditiadakan
Virus Corona Belum Reda, YLKI Tolak Rencana Pembukaan Mal
New Normal Diterapkan, PPP Minta Tempat Ibadah Dibuka Kembali
Anies: Perpanjangan PSBB Jakarta Tergantung Perilaku Masyarakat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5