Jumlah penduduk bertambah, dapil 4 daerah di Jateng ini berubah

Jumlah penduduk bertambah, dapil 4 daerah di Jateng ini berubah
Ilustrasi Pemilu. ©2014 Merdeka.com
PERISTIWA | 20 Desember 2017 01:00 Reporter : Dian Ade Permana

Merdeka.com - Jumlah kursi untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di empat kabupaten dan kota di Jawa Tengah akan berubah untuk Pemilu Legislatif 2019. Perubahan tersebut seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Joko Purnomo mengatakan daerah yang mengalami perubahan jumlah kursi adalah Wonogiri, Banjarnegara, Semarang, dan Kota Tegal.

"Di daerah tersebut, jumlah kursinya berpotensi bertambah lima menjadi 50 kursi di banding semula masih 45 kursi," ungkap Joko di sela Rapat Koordinasi Alokasi Kurai Untuk Pileg 2019 di Grand Egde Gajahmungkur Semarang, Selasa (19/12).

Ia menuturkan penambahan jumlah kursi telah disesuaikan dengan ketentuan UU Pemilu 2017 Pasal 191. Hal ini, lanjutnya untuk menyikapi adanya peningkatan jumlah penduduk di empat daerah yang terjadi saat ini.

Menurutnya jika mengacu pada UU Pemilu 2017, daerah berpenduduk 500 ribu jiwa hanya mendapat perolehan 45 kursi. Sedangkan bagi daerah berpenduduk di atas 1 juta jiwa sampai 3 juta ke atas alokasinya 50 kursi.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa untuk empat daerah itu semula memiliki kepadatan penduduk di bawah angka 1 juta jiwa. Tetapi, seiring berjalannya waktu saat ini jumlah penduduknya telah melesat naik di atas 1 juta jiwa.

Ia menyebut perubahan jumlah kursi untuk menyesuaikan daerah pemilihan (Dapil) pada Pileg 2019 nanti. Ia mengaku para pemangku wilayah kini mulai menata ulang tiap dapil.

"Harapan kami nanti ada penyesuaian pada dapil masing-masing," terangnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Riset isi pemberitaan soal capres: Jokowi 56 persen, Prabowo hanya 3 persen
Kriteria jadi lawan berat dan belum adanya zona aman untuk Jokowi
Partai Berkarya dan Partai Garuda tak lolos verifikasi faktual KPU
Jadi caleg, istri Aher siap menangkan PKS di Cirebon dan Indramayu
1.471 kader PKS bakal bertarung di Pemilu Legislatif 2019

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami