KA Bandara, PT KAI Selesaikan Pembangunan Ruang Tunggu Stasiun Solo Balapan

PERISTIWA | 30 November 2018 13:23 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta saat ini sedang membangun ruang tunggu jalur kereta api (KA) di Stasiun Solo Balapan. Ruang tunggu di jalur 7-8 itu akan digunakan untuk penumpang yang akan naik KA bandara, baik ke Adi Soemarmo Solo maupun Yogyakarta.

"Ini pembangunannya masih on the track. April nanti sudah jadi, sebelum jalur KA ke Bandara Adi Soemarmo dioperasikan," ujar Kepala Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, di Solo, Jumat (30/11).

Menurut Eko, ruang tunggu dua lantai tersebut sekaligus difungsikan sebagai peron khusus KA Bandara. Pihaknya selama ini sudah menyiapkan dua rangkaian yang sementara ini dioperasikan sebagai KA Solo Express. Saat ini pihaknya sudah memesan 4 kereta lainnya untuk melengkapi kereta yang ada.

"Jadi nanti ada 5 rangkaian untuk melayani KA Bandara Solo. Yang satu dibawa ke Sumatera," jelasnya.

Sementara itu pembangunan Stasiun di Bandara Adi Sumarmo sudah selesai 100 persen. Hal tersebut disampaikan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi beberapa waktu lalu.

"Sudah 100 persen, tinggal menghubungkan dengan rel," katanya. (mdk/eko)

Baca juga:
Proyek Kereta Bandara Solo Terganjal Pembebasan Lahan
Menhub Budi: Progres Pembangunan KA Bandara Solo Capai 30 persen
Tolak proyek KA Bandara Solo, warga sita alat berat dan usir pekerja
PT KAI mulai bangun peron KA Bandara di Solo Balapan
Ada kendala teknis, operasional kereta Bandara Solo dipastikan molor
Pemda diminta manfaatkan fasilitas Bandara Adi Soemarmo untuk promosi wisata

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.