KA Uap Djoko Kendil Siap Ramaikan Jalanan Kota Solo

KA Uap Djoko Kendil Siap Ramaikan Jalanan Kota Solo
PERISTIWA | 16 Februari 2020 21:00 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo hari ini meluncurkan kereta api uap kuno dengan nama KA Djoko Kendil. Peluncuran dilakukan oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, di depan rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Minggu (16/2).

Usai diluncurkan, lokomotif yang dipesan Jokowi semasa menjabat sebagai Wali Kota Solo tersebut akan difungsikan sebagai kereta wisata. Kereta dengan nomor seri asli SS9000 buatan tahun 1938, Beynes, Belanda itu akan mendampingi KA Jaladara yang telah beroperasi sebelumnya dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Sangkrah.

"Pengoperasian KA ini sebagai bukti kesetiaan kami untuk memperbaiki kereta zaman dulu. Ini (KA Djoko Kendil) sudah berusia 99 tahun. Jadi perlu perawatan khusus," katanya

Menurut Edi, KA Djoko Kendil tersebut tergolong langka, karena sudah berusia 99 tahun. Lokomotif dengan panjang 20 Meter ini bisa dihidupkan kembali berkat para pensiunan PT KAI yang konsen dengan kereta lama.

Para pensiun PT KAI, menurutnya, turun tangan memperbaiki agar bisa berjalan. Ia mengatakan, saat ini masih ada belasan kereta di Ambawara. Pihaknya berniat untuk menghidupkan kembali kereta tersebut.

"Lokomotif yang berubah menjadi D1410 ini merupakan satu-satunya kereta uap tua yang sudah tidak ada lagi di dunia. KA Djoko Kendil bisa menjadi kereta wisata di Soloraya," katanya.

Sehingga wisatawan asing bisa memanfaatkan KA Djoko Kendil sebagai wisata sejarah. Untuk biaya operasional, Edi menyampaikan, akan ditanggung Pemkot Solo dan PT KAI seperti halnya perawatan KA Jaladara. (mdk/did)

Baca juga:
Loko Uap Kuno Berusia Hampir Ratusan Tahun Melintas Di Jalur Kereta Api Jogja-Solo
Tiba di Solo, Ini Penampakan Kereta Api Uap Pesanan Jokowi
Setahun Dirawat di Balai Yasa, KA Uap Pesanan Jokowi Dikembalikan ke Solo
Penjualan Tiket Kereta Lebaran 2020 Resmi Dibuka, Berikut Harga dan Ketersediaannya
Kondisi Stasiun Manggarai Saat Rekayasa Perjalanan KRL
Kereta Menumpuk Akibat Rel Tergenang, KRL Tujuan Jakarta Kota Hanya Sampai Manggarai

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami