Kabag Ops Brimob Polda Riau Minta Maaf Usai Tinju Petugas Jaga

Kabag Ops Brimob Polda Riau Minta Maaf Usai Tinju Petugas Jaga
Anggota Jaga Mapolda Riau Ditinju Kabag Ops Brimob. ©Istimewa
NEWS | 20 Juni 2021 04:00 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Kasus pemukulan yang dilakukan Kabag Ops Brimob Polda Riau Kompol RW terhadap petugas penjagaan, Bripda FZ, tengah ditangani Bidang Propam. Keduanya disebutkan sudah saling memaafkan.

"Jadi, usai kejadian (pemukulan) itu, Kompol RW langsung meminta maaf. Dia juga menyuruh Bripda FZ push up untuk membuktikan tak dongkol dan sakit hati," kata Kabid Propam Polda Riau Kombes Gatot Sujono, Sabtu (19/6).

Gatot mengatakan, Bripda FZ menyampaikan dirinya tak sakit hati setelah ditinju Kompol RW. Setelah itu, Kompol RW meninggalkan Bripda FZ.

"Sudah saling memaafkan," kata Gatot.

Tak hanya itu, Kompol RW juga melaporkan kejadian itu kepada Kabag BinOps Polda Riau AKBP Jasamen Manurung. Kompol RW memberi penjelasan soal pemukulan karena Bripda FZ dianggap tidak sopan.

Sebelumnya, Kompol RW terekam CCTV meninju petugas jaga gedung Mapolda Riau, Bripda FZ. Video pemukulan itu tersebar ke luar kemudian viral. Kasusnya pun tengah ditangani Propam Polda Riau

Menurut Gatot, Bripda FZ yang awalnya bersikap tidak sopan terhadap tamu yang masuk, yakni sejumlah anggota Satpol PP.

Saat itu, mobil yang dikendarai anggota Satpol PP masuk di depan Kompol RW. Bripda FZ terlihat marah-marah dan memukul besi portal penjagaan. Sopir Kompol RW juga mendengar Bripda FZ mengucapkan kalimat yang tidak pantas.

"Jadi awalnya Kompol RW melihat anggota jaga (Bripda FZ) yang tidak sopan terhadap tamu yang masuk, yakni Satpol PP. Kompol RW menanyakan kenapa petugas ini juga memukul tiang besi portal," kata Gatot.

Lalu Bripda FZ, menjawab 'saya kesal komandan'. Mendengar jawaban itu, Kompol RW disebut emosi dan memukul bagian wajah Bripda FZ satu kali.

"Lalu Kompol RW menjelaskan kepada Bripda FZ bahwa kehadiran Satpol PP dan dirinya ke Polda Riau malam itu melaksanakan perintah pimpinan untuk apel giat protokol kesehatan, penyekatan jalan, dan operasi yustisi," jelas Gatot.

Usai kejadian, Kompol RW menjumpai kepala pos jaga malam itu dan memberi penjelasan. Kompol RW menyampaikan penjagaan piket di pintu utama adalah etalase Polda Riau yang harus dipahami.

Sebelumnya diberitakan merdeka.com, seorang anggota polisi yang menjaga pintu masuk Mapolda Riau ditinju Kabag Ops Sat Bimob Riau Kompol RW. Dalam video berdurasi 19 detik yang beredar, Bripda FZ terlihat sempat berkomunikasi dengan sopir Kompol RW.

Tak lama kemudian bintara polisi yang sehari-hari bertugas di Dit Samapta Polda Riau itu menunjuk ke arah portal yang terbuka.

Entah apa alasannya, Kompol RW langsung keluar dari mobil dinas Brimob Toyota Rush Nomor 172-IV. Kompol RW kemudian turun menemui Bripda FZ diikuti ajudannya, Brigadir TAQ.

Bripda FZ masih bersikap tegak, lalu Kompol RW langsung mengepal tangan kanan dan memukul kepala di pipi kiri wajah Bripda FZ. Pukulan tersebut membuat Bripda FZ terjatuh.

"Benar kejadiannya, sudah kita minta keterangannya," kata Gatot.

Pemukulan itu terjadi saat Kompol RW akan masuk Polda untuk apel malam, Rabu (26/5) lalu.

Gatot menyebutkan, pemukulan terjadi sekitar pukul 20.10 WIB. Saat itu, Kompol RW datang ke Mapolda untuk mengikuti apel penyekatan dan operasi yustisi.

"Prosesnya kita mintai keterangan terkait kedua pihak. Soal motif kejadian, kami laporkan kepada pimpinan untuk proses selanjutnya," tegas Gatot. (mdk/yan)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami