Kabar Baik, 50 Persen Kota di Jatim Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19

Kabar Baik, 50 Persen Kota di Jatim Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
PERISTIWA | 21 Oktober 2020 06:03 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sebanyak 19 Kabupaten/Kota atau 50 persen dari total keseluruhan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur dinyatakan berstatus zona kuning. Hal ini berarti, Jawa Timur kini mencapai peningkatan yang signifikan dalam upaya melawan Covid-19.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, status tersebut ditetapkan oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 Nasional pada Selasa (20/10) ini. Mereka menetapkan, berdasarkan hitungan epidemiologis dengan 15 indikator meliputi kenaikan kasus, jumlah tes, tingkat kesembuhan, jumlah kematian maupun kapasitas rumah sakit.

“Artinya, saat ini 50 persen lagi wilayah Jatim yang berstatus zona oranye per hari ini. Dua pekan lalu Jatim berhasil keluar dari status zona merah penyebaran Covid-19. Alhamdulillah, ini kabar yang sangat menggembirakan dan patut disyukuri,” ungkapnya.

Khofifah mengatakan, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama yang baik antara seluruh masyarakat Jatim dengan Pemprov dan Forkopimda Jatim, Pemerintah Kota/Kabupaten, seluruh jajaran TNI, Polri dan tenaga kesehatan, media, kampus dan semua elemen yang telah berjuang keras dalam menangani pandemi Covid-19.

"Tidak hanya zona kuning, tingkat positivity rate di Jatim juga menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan," tegasnya.

Dia pun menyebut, dalam minggu ini Positivity Rate di Jawa Timur tercatat 7 persen, dimana standar WHO adalah 5 persen.

"Artinya jumlah testing yang dilakukan semakin naik dan hanya 7 persen dari yang dites merupakan kasus positif. Harapan kita ke depan terus membaik lagi,” terangnya. (mdk/rnd)

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami