Kabar Pasien Corona di RSUP H Adam Malik Medan Dipastikan Hoaks

PERISTIWA | 14 Februari 2020 18:21 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Media sosial diramaikan dengan video selfie seorang pria yang menyebut ada pasien pengidap virus Corona atau Covid-19. Informasi itu dipastikan tidak benar atau hoaks. Dalam konten yang beredar di media sosial itu, seorang pria mengenakan kemeja hitam membuat video selfie di dalam mobil. Sepanjang video dengan durasi 49 detik itu wajahnya ditutupi masker abu-abu.

Pria yang belum diketahui identitasnya ini mengaku mendapatkan informasi dari rekannya yang bekerja sebagai tenaga medis bahwa sudah ada pasien yang terjangkit virus corona tengah dirawat di RSUP H Adam Malik Medan.

"Buat seluruh teman-teman yang mendengar pesan ini, kurangi kontak fisik saat Anda menjenguk keluarga Anda di rumah sakit atau kerabat Anda di rumah sakit. Lantas yang kedua kurangi kontak fisik juga di saat berteguran dengan teman teman Anda, yang baik berkunjung ke rumah atau bertemu di tengah jalan. Dan yang paling penting adalah utamakan keluar rumah dengan mengingat ketuhanan Yang Maha Esa, agar kita dilindungi dari penyakit mencekam dan segala marabahaya," ujarnya.

Informasi mengenai adanya pengidap Covid-19 di RSUP H Adam Malik seperti yang disampaikan pria itu dipastikan tidak benar. Rumah sakit ini belum ada merawat pasien suspect Covid-19.

"Video itu hoaks. Kami juga masih mencari identitas laki-laki di dalam video. Jika ada informasi segera hubungi kami," ungkap Kepala Sub Bagian Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak, Jumat (14/2).

Dia meminta semua pihak tidak menyebarkan lagi video tersebut supaya tidak menimbulkan keresahan dan kepanikan. (mdk/cob)

Baca juga:
Pemprov Jabar Tidak Beri Pendampingan 9 Warganya Usai Dikarantina di Natuna
Langkah Mitigasi Dampak Ekonomi dari Penyebaran Virus Corona
China Sebut 1.716 Petugas Kesehatan Terinfeksi Virus Corona, 6 Meninggal
Krisis Ekonomi Mengancam Singapura Akibat Virus Corona
Donald Trump Puji China Tangani Wabah Virus Corona dengan Profesional
238 WNI yang Dikarantina di Natuna Dipulangkan Besok, 14 Orang Berasal dari Kaltim

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.