Kabupaten Jepara Gempa Magnitudo 6,1, Getaran Terasa hingga Yogyakarta

Kabupaten Jepara Gempa Magnitudo 6,1, Getaran Terasa hingga Yogyakarta
PERISTIWA | 7 Juli 2020 07:55 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah pada Selasa pukul 05.54 WIB menghadapi gempa dengan magnitudo 6,1 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG, gempa yang berpusat di koordinat 6.12 Lintang Selatan dan 110.55 Bujur Timur, sekitar 53 km barat laut Jepara, pada kedalaman 578 km tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdianto mengatakan bahwa belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.

"Gempa tersebut memang tidak dirasakan oleh warga, termasuk informasi di wilayah pantai hingga kini juga tidak ada laporan masuk terkait gempa tersebut," katanya, Selasa (7/7).

Sementara itu, Supervisor Pusat Gempa Regional VII Stasiun Geofisika Yogyakarta Nugroho Budi W menjelaskan bahwa getaran akibat gempa di Jepara terasa di daerah Mlati, Kabupaten Sleman; Sedayu, Kabupaten Bantul; serta beberapa bagian Kulon Progo.

"Gempa tersebut menghasilkan spektrum gelombang seismik yang luas dirasakan hingga DIY dikarenakan memiliki energi yang cukup besar," kata Nugroho.

Menurut dia, energi gempa yang besar mampu menjangkau wilayah yang jauh karena mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang.

Selain faktor sumber gempa, ia menjelaskan, kondisi geologi lokal juga menjadi faktor penyebab gempa itu dapat dirasakan atau tidak.

"Wilayah dengan kondisi geologi yang didominasi lapisan endapan atau sedimen akan memiliki peluang merasakan getaran gempa dikarenakan gelombang gempa yang melalui kondisi geologi tersebut akan mengalami pembesaran gelombang gempa atau amplifikasi," kata dia.

Sugeng, warga Sentolo, Kulon Progo, merasakan getaran gempa yang cukup kuat sehingga dia bergegas keluar rumah.

"Terasa banget seperti gempa (Yogyakarta) 2006. Rumah bergetar kencang. Tetangga saja langsung membunyikan kentongan," kata Sugeng. (mdk/ded)

Baca juga:
Gempa dengan Magnitudo 6,1 Guncang Kabupaten Jepara, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa Magnitudo 5 Guncang Daruba Maluku Utara, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Bumi Guncang Boven Digoel Papua, Tidak Berpotensi Tsunami
Sepanjang Juni 2020 Ada 667 Gempa Tektonik
Selatan Pulau Jawa Sering Gempa, Ini Pejelasan Ahli
Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bovendigoel Papua

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami