Kabur ke Subang, Dalang Perampokan Toko Emas di Musi Banyuasin Ditembak Polisi

Kabur ke Subang, Dalang Perampokan Toko Emas di Musi Banyuasin Ditembak Polisi
PERISTIWA | 2 Juni 2020 02:02 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Setelah buron dua setengah bulan, otak perampokan toko emas di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Hen (34) akhirnya ditangkap polisi. Lantaran melawan, petugas melumpuhkan kaki pelaku dengan timah panas.

Pelaku diringkus dalam pelariannya di salah satu perumahan di Subang, Jawa Barat, Minggu (31/5). Warga Ogan Ilir itu akhirnya dibawa ke Mapolda Sumsel untuk proses lebih lanjut.

Tersangka mengaku nekat kabur ke Subang lantaran takut ditangkap polisi setelah beberapa rekannya keburu diringkus. Bermodal Rp500 ribu, dia berangkat ke pulau Jawa dan menginap di rumah temannya.

"Saya kabur ke Subang begitu tahu teman-teman saya ditangkap. Dari Rp4 juta yang saya dapat dari perampokan itu tersisa Rp500 ribu, duit itu saya pakai berangkat," ungkap tersangka Hen di Mapolda Sumsel, Senin (1/6).

Dalam aksi itu, tersangka mengaku bertugas menggambar situasi dan memecahkan etalase toko yang berisi perhiasan emas. Dia juga mengancam pemilik toko dengan pistol rakitan.

"Saya yang merencanakan dan mengeksekusi, saya bawa pistol biar korban tidak berteriak," kata dia.

1 dari 1 halaman

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan, perampokan itu dilakukan tersangka bersama tujuh kawanannya. Lima pelaku, termasuk Hen, berhasil ditangkap, dua di antaranya tewas di tangan polisi karena melawan.

"Satu pelaku menyerahkan diri, tiga pelaku lagi masih buron. Kami minta mereka menyerahkan diri sebelum diberikan tindakan tegas," kata dia.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. Penyidik masih mengembangkan kasus ini untuk mengetahui keterlibatan tersangka dalam tindak kejahatan lain.

Diketahui, perampokan itu terjadi di toko emas Cahaya Murni milik Hermiati di Pasar Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Kamis (26/3). Empat dari delapan pelaku masuk ke toko dan mengacungkan pistol rakitan. Pelaku membawa kabur 6,5 kilogram emas dan uang Rp60 juta. Mereka melarikan diri menggunakan empat sepeda motor. (mdk/bal)

Baca juga:
Baku Tembak dengan Polisi, 3 dari 5 Perampok Toko Emas di Jakbar Tewas
Todongkan Revolver, Pelaku Rampok Toko Emas di Pasar Kemiri, Kerugian Rp400 Juta
Perampok Toko Emas Taman Sari Meninggal di RS Polri, Positif Corona
Kawanan Perampok Gasak 6,5 Kg Emas di Musi Banyuasin, 2 Pelaku Tewas Ditembak
Perampok Toko Emas di Taman Sari Jakbar Ditangkap
Satroni Toko Emas di Taman Sari Jakbar, Perampok Tembak Tukang Sampah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5