Kabut Asap Mendadak Pekat, Pebalap Sepeda Tour de Siak Balik Kanan

PERISTIWA | 21 September 2019 13:14 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Kabut asap mendadak pekat di Kota Siak Sri Indrapura Kabupaten Siak, Riau. Akibatnya, perhelatan balap sepeda Tour de siak 2019 antar negara di Siak dibatalkan, Sabtu (21/9). Padahal hari ini memasuki etape ke III.

"Demi keselamatan dan kesehatan para pebalap, hari ini kita batalkan meski tadi sudah sempat start beberapa kilometer. Karena kabut asap, kita hentikan di tengah jalan, etape III dibatalkan," ujar Direktur Race TdS Sondi Sampurno.

Pantauan di lapangan, para pebalap dari delapan negara pada pukul 09.00 WIB mulai start di depan Istana Siak. Awalnya kondisi cuaca tidak begitu buruk meski ada asap hingga membuat pebalap menggunakan masker.

Namun setelah 10 menit kemudian, asap mendadak pekat. Setelah balapan berjalan 20 kilometer, panitia TdS menyalip pebalap dengan mobil dan menghentikan mereka.

Setelah berdiskusi, para pebalap sepakat untuk menghentikan balapan TdS ke 7 tahun itu. Akhirnya para rider dari 11 tim ini balik kanan ke hotel masing-masing.

"Para pebalap bubar dan beristirahat di penginapan. Kita lihat tadi asap semakin pekat," kata Sondi.

Panitia akan melanjutkan di etape selanjutnya. Jadi semua pebalap tidak mendapatkan poin. Sejatinya, etape III akan menempuh jarak 160 kilometer. Tapi karena asap penyelenggara memangkas jarak tempuh menjadi 85 kilometer. Rute etape III meliputi Siak-Dayun-Buatan lalu balik lagi ke Kota Siak.

Pembatalan itu, kata Sandi, merupakan hal yang biasa dalam perlombaan dan sudah pernah terjadi karena faktor alam.

©2019 Merdeka.com

"Ketika ada kondisi yang ekstrem, seperti petir, banjir. Itu memang dihentikan. Kita akan lanjutkan besok di etape terakhir atau etape IV. Jadi tidak berpengaruh terhadap poin pembalap," jelasnya.

Pada dua etape sebelumnya, etape pertama dijuarai pebalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fachruddin Mazuki. Sedangkan etape II dimenangi pesepeda Tim Nasional Indonesia Reno Yudha Sansaka, namun kaos kuning masih milik pebalap Malaysia.

Pemkab Siak membantu kembali menyelenggarakan iven TdS. Event TdS 2019 merupakan penyelenggaraan ke tujuh. Tahun ini Indonesia diperkuat empat tim. Sementara tim luar negeri yang ambil bagian adalah Malaysia, Australia, Belanda, Filipina, Jepang, Singapura dan Iran.

Baca juga:
BMKG Deteksi 129 Titik Panas Karhutla di Riau, 4 Daerah Diselimuti Kabut Asap
54 Titik Kebakaran Tersebar di Riau, Kualitas Udara Pekanbaru Sangat Tidak Sehat
Kadiv Humas Polri Klaim Kondisi Riau Cerah, Masyarakat Beraktivitas Normal
Pekanbaru Tenggelam Dalam Lautan Asap
Didemo Mahasiswa, Gubernur Riau Janji Bekukan Izin Perusahaan Pembakar Lahan
Begini Kondisi Ular 'Berkaki' yang Terbakar di Hutan Riau

(mdk/bal)