Kabut Asap Mulai Hilang, Pelajar di Pekanbaru Diminta Kembali Sekolah Hari Ini

PERISTIWA | 26 September 2019 04:06 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Kabut asap perlahan hilang setelah hujan mengguyur Kota Pekanbaru sejak dua hari terakhir. Para pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama diminta kembali menjalankan aktivitas belajar di sekolah.

Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan kebijakan agar para siswa masuk sekolah, Kamis (26/9) pagi. Sebab, kualitas udara di Pekanbaru masuk kategori baik.

"Karena kondisi cuaca sudah mulai membaik, maka aktivitas belajar mengajar di sekolah aktif mulai Kamis besok," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal Rabu (25/9).

Jamal mengaku sudah mengirim surat ke seluruh sekolah. Mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP di Kota Pekanbaru. Sehingga proses belajar mengajar kembali normal besok.

Meski udara sudah sehat, Jamal tetap mengimbau agar para pelajar dan guru menggunakan masker saat ke sekolah. Sebab, potensi asap bisa saja kembali mengingat kebakaran lahan masih terjadi.

"Guru dan para peserta didik nantinya diharapkan harus tetap menggunakan masker. Karena kalau kita lihat cuaca masih berselimut asap tipis," imbaunya.

Namun, keputusan ini masih bersifat tentatif. Keputusan libur bisa dikeluarkan kembali jika kabut asap kembali datang.

"Kalau kabut asap memburuk, pelajar kita pulangkan lagi. Kita berharap cuaca akan terus membaik, sehingga aktivitas belajar mengajar tidak akan terganggu kembali," ucapnya.

BMKG stasiun Pekanbaru menginformasikan, pasca diguyur hujan malam tadi kualitas udara di Pekanbaru terus membaik. Kadar partikulat konsentrasi PM10 berada di angka 72.35 ugram/m3. Hal ini menunjukkan kualitas udara di Pekanbaru berada di level sedang.

"Jarak pandang Pekanbaru sudah mencapai 8 kilometer. Semua udara di Riau baik, tidak ada yang diselimuti kabut asap hari ini," ujar Staf Analisa BMKG, Ahmad Agus Widodo. (mdk/noe)

Baca juga:
Menteri KLHK Klaim Kualitas Udara di Riau dan Kalimantan Tengah Membaik
Potret Keceriaan Anak-anak Pekanbaru di Rumah Aman Asap
VIDEO: Keluhkan Kabut Asap di Riau, Puluhan Mahasiswa Asal Malaysia Pulang Kampung
Keluhkan Kabut Asap, Puluhan Mahasiswa Asal Malaysia Tinggalkan Riau
BPPT: Hujan Buatan Sudah Banyak Tapi Kebakaran Sangat Parah
Bawa Kuali Hingga Panci, Emak-emak Tuntut Gubernur Riau Selesaikan Masalah Kabut Asap

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.