Kaki Gunung Sinabung Dibersihkan dari Material Banjir Lahar Dingin

Kaki Gunung Sinabung Dibersihkan dari Material Banjir Lahar Dingin
PERISTIWA | 11 Juli 2019 11:57 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo sudah mendata dampak banjir lahar dingin atau lahar hujan di kaki Gunung Sinabung, tadi malam. Saat ini pembersihan pun mulai dilakukan di lokasi yang terdampak.

"Berdasarkan pendataan kita, terdapat 4 unit rumah warga dan 1 puskesmas yang terendam banjir lahar dingin," ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, Kamis (11/7).

Rumah dan puskesmas yang terendam lahar dingin berada di Desa Kutambaru, Kecamatan Munte. Rumah itu milik Johanes Sembiring, Jaka Surbakti, Juhen Sembiring, dan Masliani Br Barus.

Akses jalan di kawasan itu juga terputus, yakni di ‎jalan menuju Desa Perbaji, akses utama jalan ke Desa Kutambaru, dan jalan penghubung Tiganderket menuju Kutabuluh dan sebaliknya.

"Untuk menuju desa-desa itu harus melalui jalur lain atau jalur alternatif," jelas Natanail.

Saat ini BPBD, TNI, relawan bersama masyarakat berupaya membersihkan material yang dibawa bankir lahar dingin.

"Kita juga berkoordinasi dengan pihak swasta yang memiliki alat berat untuk melaksanakan pembersihan sisa-sisa material dari Gunung Sinabung yang terbawa banjir lahar dingin," jelas Natanail.

Seperti diberitakan, banjir lahar dingin terjadi di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut, Rabu (10/7) sekitar pukul 19.00 WIB. Satu unit puskesmas dan sejumlah ruas jalan terputus akibat kejadian itu. (mdk/cob)

Baca juga:
Lahar Dingin Gunung Sinabung Banjiri Puskesmas dan Putuskan Akses Jalan di Karo
Penampakan Erupsi Mengerikan Gunung Sinabung
Warga Aceh Terdampak Hujan Abu Gunung Sinabung
Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu di Atas Puncak Capai 7.000 Meter
Gunung Sinabung Erupsi, Lontarkan Debu Setinggi 2,5 Km
Aktivitas Gunung Sinabung Menurun ke Level III

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami