Kakorlantas Cek Kesiapan Tol Manado-Bitung Hadapi Musim Mudik Lebaran 2020

Kakorlantas Cek Kesiapan Tol Manado-Bitung Hadapi Musim Mudik Lebaran 2020
PERISTIWA | 10 Maret 2020 19:15 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Kakorlantas Irjen Istiono meninjau ruas tol Manado-Bitung yang baru rampung dibangun. Ruas tol tersebut akan dioperasionalkan saat musim mudik lebaran 2020 mendatang.

"Adanya tol baru ini, tentunya budaya berkendara berkeselamatan di jalan tol juga harus meningkat," quote Kakorlantas saat melakukan survei ruas jalur tol Manado-Bitung, Selasa (10/3).

Kakorlantas juga menyebutkan hadirnya ruas tol baru ini selain menciptakan efisien dan efektivitas waktu tempuh perjalanan, juga dapat menjadi budaya baru.

"Tentunya tol yang baru ini menjadi budaya yang baru untuk masyarakat Manado Sulut. Dimana biasanya, mereka masuk tol biasanya manual atau cash, sekarang sudah pakai kartu non cash. Jadi harus membeli atau memiliki kartu dulu dan ini harus dibiasakan dan menjadi budaya baru. Saya pikir kalau budaya itu sudah diketahui dan dipatuhi masyarakat, kelancaran di sini akan terjadi," katanya di lokasi.

Melihat sarana dan prasarana penunjang seperti rest area dan tempat pengisian bahan bakar dalam ruas tol belum tersedia, Kakorlantas mengingatkan para pengendara sebelum masuk tol ini nantinya sudah mengisi BBM dahulu dan menyediakan kartu e-toll. Tidak lupa, Kakorlantas juga turut melakukan survei dan cek kendaraan jajarannya di Polda Sulawesi Utara. Hal itu guna memastikan kesiapan anggota Kepolisian lalulintas saat bertugas nanti.

Jalan Tol Manado-Bitung akan dioperasikan secara resmi oleh Presiden RI dalam waktu dekat. Namun, dari panjang seluruh bentangan 39,9 kilometer (km), yang dioperasikan nantinya baru sepanjang 20 km. Namun ditargetkan tol akan beroperasi penuh pada bulan Agustus 2020 mendatang.

Tol yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara ini sudah pernah sekali diujicoba fungsional saat perayaan Nataru lalu. Rata-rata kendaraan melintasi tol pada hari raya keagamaan itu di atas 4.000 unit. Adapun tarif yang dikenakan 900rupiah/km atau Rp36.000 sepanjang ruas jalan tol Manado-Bitung 40 Km. (mdk/rhm)

Baca juga:
Menteri PUPR Sebut Tarif Tol Tak akan Naik Selama Ekonomi Belum Stabil
Pemerintah Rencana Bangun Tol Pontianak-Singkawang, Tol Pertama di Kalimantan Barat
Tol Depok-Antasari Seksi II Akan Segera Beroperasi
Tarif Tol Japek dan Becakayu akan Terintegrasi Bulan Ini
Badan Usaha Tol Rugi Rp1 Triliun per Tahun Akibat Truk Kelebihan Muatan
Mulai Hari Ini, Truk Kelebihan Muatan Dilarang Lewati Tol Tanjung Priok-Bandung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5