Kalahkan Wakil Belasan Negara, SMA Labschool Cibubur Juara Kontes Kesenian di Ceko

PERISTIWA | 13 November 2019 09:34 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Tim Misi Kebudayaan SMA Labschool Cibubur berhasil membuat harum nama Indonesia di Kancah Internasional dengan berhasil meraih Predikat Grand Prix pada kompetisi Tari dan Budaya yang dilaksanakan di Prague, Ceko.

Asep Nurohman selaku pendamping menjelaskan, Tim Misi Kebudayaan ini berhasil mengalahkan belasan negara yang mengikuti kompetisi tersebut sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Juara Umum pada kompetisi yang bertajuk XXX Prague Stars Folklore Competition 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 November 2019 ini diselenggarakan oleh Lembaga Budaya European Association Folklore Fawiml dan Dewan Kota Prague, Ceko.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori Perlombaan yaitu Folklore Dance dan Folklom Music. "Kegiatan ini diikuti oleh 13 Negara dari seluruh Dunia dengan menampilkan berbagai performance dari negara mereka masing-masing," ujarnya saat tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno - Hatta Tangerang Banten, Rabu (13/11) dini hari.

1 dari 2 halaman

Tampilkan Tari Enggang, Giring Giring dan Ratoe Jaroe

Eli Noviami Hayi sebagai pendamping lainnya menjelaskan, total siswa SMA Labschool Cibubur yang ikut ada 28 orang. Sedangkan total peserta pada kompetisi kebudayaan ini berjumlah 1,000 peserta yang terbagi dari negara-negara peserta kegiatan ini.

Tim Misi Kebudayaan dari SMA Labschool Cibubur menampilkan beberapa tarian yaitu Tari Enggang dan Giring Giring serta Ratoe Jaroe yang memiliki makna yang sangat kuat khususnya dalam memperkenalkan Budaya Indonesia yang sangat beragam dan unik serta menarik di Dunia.

"Pesona Misi kebudayaan ini tampil dua kali untuk babak penyisihan dan babak grand final untuk kemudian dinobatkan sebagai juara umum," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Kado Hari Pahlawan

Ali Chudori selaku Kepala SMA Labschool Cibubur mengatakan, keberhasilan Tim Misi Kebudayaan ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan bagi Bangsa Indonesia secara Umum dan keluarga Besar SMA Labschool Cibubur secara khusus.

Apalagi diraihnya penghargaan ini dilakukan berdekatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional. "Apa yang diraih oleh anak-anak hebat ini adalah kado yang paling indah di Hari Pahlawan Nasional 2019 ini," katanya.

Dia mengatakan perjuangan meraih Juara Umum pada kompetisi ini bukanlah sebuah hal yang mudah diraih oleh siswa SMA Labschool Cibubur. Para siswa harus berlatih berhari-hari untuk dapat menampilkan yang terbaik demi bangsa dan negara tersebut.

"Akhirnya mereka dapat memberikan prestasi yang membanggakan bagi Bangsa dan negara tersebut," katanya. (mdk/ded)

Baca juga:
Robot Sensor Sampah Karya Siswi MAN 1 Solo Raih Medali Emas di Thailand
Siswa MTs di Malang Ciptakan Beras Buatan dari Ganyong dan Bayam
Prestasi-Prestasi Membanggakan Anak Papua
Cerita Hafidh, Anak Penjual Mainan Peraih Nilai 100 di Semua Mata Pelajaran UN
Hafidh Rifai, Siswa SMAN 4 Solo Raih Nilai UN Sempurna 100
Diterima 9 Universitas Bergensi Amerika, Moses Mayer Pilih Harvard