Kali Ciasem Meluap Akibat TPA Longsor, 3 Truk Sampah DKI Terguling

PERISTIWA | 9 April 2019 14:40 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - TPA Sumur Batu milik Pemkot Bekasi di Kecamatan Bantargebang longsor pada tengah malam tadi. Material longsoran masuk ke dalam Kali Ciasem sehingga air di aliran sungai tersebut meluap menyebabkan banjir sedengkul orang dewasa.

Banjir terjadi pada jalur truk sampah DKI Jakarta menuju ke titik buang di TPST Bantargebang. Akibat banjir itu, tiga truk sampah milik Pemprov DKI terguling ketika melintas pada titik banjir sepanjang 200 meter tersebut.

"Saya sudah pasang safety line tadi pagi di pinggir kanan dan kiri, supaya enggak kejeblos. Sehingga truk sampah tetap jalan meski perlahan," kata Kepala Satuan Pelaksana Pemrosesan Akhir Sampah Bantargebang pada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rizky Febrianto, Selasa (9/4).

Menurut Rizky, penyebab banjir itu karena penyempitan Kali Ciasem dari lebar 5 meter menjadi kurang dari 1 meter. Penyempitan terjadi akibat tanah landfill di TPA Sumur Batu terus merosot masuk ke dalam Kali Ciasem. Sampai dengan pukul 14.00 WIB, genangan selutut orang dewasa belum teratasi.

"Tidak ada pengalihan titik buang, aktivitas normal seperti biasanya, hanya ada pelambatan menuju ke titik buang," ujar dia.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Kota Bekasi, Yudianto mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim pemantauan untuk membersihkan material longsor di TPA Sumur Batu.

"Tadi pagi tim pematusan sudah di lokasi untuk pengangkatan sedimennya," kata dia.

Baca juga:
Hujan Lebat, Jalan Desa di Tulungagung Ambles
Longsor di Tangerang Selatan Timpa Dua Mobil
Hujan Deras 2 Jam, Jalan Poros Palopo-Toraja Terputus 40 Meter akibat Longsor
Jalur Bandung-Garut Lintas Talegong Terputus akibat Longsor
Seorang Pekerja Tambang Tertimbun Longsor Gunung Kapur di Jember
Rumah Rusak Akibat Pergeseran Tanah di Lebak Bertambah Menjadi 115, 6 Rumah Ambruk

(mdk/dan)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com