Kaltim Tambah 512 Kasus Positif, Tak Ada Varian Baru Corona

Kaltim Tambah 512 Kasus Positif, Tak Ada Varian Baru Corona
ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Maret 2021 21:14 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Provinsi Kalimantan Timur hari ini mencatatkan penambahan 512 kasus positif Covid-19 baru, sehingga total menjadi 56.999 kasus. Padahal dalam sepekan terakhir, rata-rata bertambah 300 kasus. Sejauh ini dipastikan belum ditemukan varian Corona B117, yang disebut varian Inggris.

Tiga daerah penyumbang angka kasus positif tertinggi adalah Kutai Kartanegara 155 kasus, kota Samarinda 93 kasus, dan kota Balikpapan 84 kasus.

"Dari total 56.999 kasus sejak awal pandemi, angka kesembuhan ada 49.103 kasus, setelah bertambah 412 kasus sembuh baru," kata Jubir Satgas Covid-19 Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak, Kamis (4/3).

Andi menerangkan, angka kematian, hari ini juga bertambah 5 kasus, sehingga menjadi 1.343 orang meninggal akibat paparan Covid-19 di Kalimantan Timur.

"Sedangkan, pasien yang masih menjalani perawatan Covid-19, atau kasus positif aktif hari ini ada 6.553 orang. Dimana, 2.172 orang dirawat ada di Kutai Kartanegara. Hari ini, juga ada 445 orang yang masih menunggu hasil pemeriksaan swab, di laboratorium," terang Andi.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Kalimantan Timur Setyo Basuki menerangkan, sampai hari ini, belum ditemukan Corona B117, yang disebut juga varian Inggris, seperti yang diumumkan Kemenkes 2 Maret 2021 lalu.

"Belum ada (varian Corona B117) di Kaltim. Mudah-mudahan tidak ada," kata Basuki.

Kendati demikian, lanjut Basuki, lalu lalang pergerakan orang menggunakan transportasi udara di tiga bandara besar di Kalimantan Timur tidak menutup kemungkinan Corona B117 bisa menyebar hingga Kalimantan Timur.

"Iya bisa (sampai Kaltim). Seperti yang diumumkan Kemenkes, kan varian baru itu dibawa 2 orang, usai pergi dari luar negeri. Ya, cara paling ampuh agar tidak tertular dan menularkan, disiplin menerapkan protokol kesehatan," pungkas Basuki. (mdk/gil)

Baca juga:
Jokowi Minta Masyarakat Tak Khawatir Varian Covid B117 dan Tetap Waspada
Jokowi: Belum Ada Penelitian yang Menunjukkan Varian Baru Corona Lebih Mematikan
Pemerintah Pusat Bayar Tunggakan Hotel Karantina di Bali Rp10 M dari Total Rp30 M
Jejak TKI Terpapar Varian Baru Covid-19 Singgah di Karawang Sebelum ke Brebes
Varian Baru Corona Terdeteksi di Indonesia, Ganjar Ingatkan Warga Tetap Jaga Prokes
INFOGRAFIS: Kiat Menjaga Diri dari Virus Corona Baru B117

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami