Kampung Uwibutu, Distri Paniai Timur Papua Dilanda Banjir Bandang, Rumah Warga Hanyut

Kampung Uwibutu, Distri Paniai Timur Papua Dilanda Banjir Bandang, Rumah Warga Hanyut
Kapolres Paniai AKBP Naomi Giay pantau embersihan akibat banjir bandang yang terjadi di kampung Uwib. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA » MAKASSAR | 20 Januari 2021 19:27 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Banjir bandang landa kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua, Selasa (19/1) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa alam tersebut.

Akibatnya dua rumah warga hanyut serta sejumlah bangunan terendam lumpur diantaranya RSUD Madi, rumah masyarakat, rumah jabatan bupati serta asrama Polres Paniai.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan belum dapat dipastikan besarnya kerugian akibat banjir bandang, " kata Kapolres Paniai AKBP Naomi Giay, Rabu (20/1).

Kapolres yang dihubungi melalui telepon selularnya mengakui, banjir bandang yang terjadi itu diduga akibat saluran air yang ada di kawasan itu tertutup sampah sehingga air meluap dan dari laporan banjir tersebut setinggi sekitar 20 cm.

Akibat banjir, operasional PLN juga mengalami gangguan akibat mesinnya rusak, kata Naomi seraya menambahkan, tim gabungan dari TNI-Polri dan Pemda Paniai serta masyarakat sudah melakukan pembersihan di sejumlah lokasi khususnya fasilitas umum seperti RSUD Madi.

Sebelum banjir bandang melanda kawasan itu, hujan deras melanda wilayah itu hingga menyebabkan longsor di depan jalan tanjakan RSUD Madi, serta kondisi tanah yang mudah longsor dan minimnya tempat serapan air hujan.

Selain itu kawasan pemukiman masyarakat tidak tertata baik yang diperparah saluran drainase dipenuhi sampah hingga saat hujan deras meluap, ujarnya.

Ditambahkannya, untuk membantu meringankan pembersihan akibat banjir bandang, Pemda Paniai membantu satu unit alat berat.

Untuk menghindari terulangnya bencana alam tersebut, pihaknya meminta warga untuk waspada mengingat curah hujan diperkirakan masih tinggi, kata AKBP Naomi Giay. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
Pembenahan Kawasan Hulu Jadi Prioritas Usai Banjir Bandang di Puncak Bogor
Istana Klaim Pemerintahan Jokowi Tak Obral Izin Sawit dan Tambang
Kondisi di Kawasan Gunung Mas Bogor Masih Berbahaya
Penyebab Banjir Tahunan di Makassar, Daerah Resapan Dibangun Perumahan
9 Orang Meninggal Akibat Banjir Kalimantan Selatan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami