Kapolda Sumsel Sambut Jenazah Anggota Brimob yang Gugur dalam Bakutembak dengan KKB

Kapolda Sumsel Sambut Jenazah Anggota Brimob yang Gugur dalam Bakutembak dengan KKB
Jenazah Bharatu Komang Wira Natha tiba di Palembang. ©2021 Merdeka.com/Irwanto
PERISTIWA | 28 April 2021 23:41 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Jenazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha di Palembang, Rabu (28/4) malam. Anggota Kompi 3 Batalyon C Pelopor itu gugur di Kamp Makki, Distrik Ilaga utara, Kabupaten Puncak, Papua, dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Jenazah tiba di kargo Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 19.30 WIB. Penyambutan berlangsung secara militer dipimpin langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri.

Jenazah Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang dibawa personel Brimob Polda Sumsel dengan langkah perlahan, langsung menuju Kereta Merta atau mobil jenazah dan besok akan dibawa ke kampung halamannya di Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang II, Ogan Komering Ulu Timur.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menyampaikan belasungkawa atas gugurnya salah seorang anggotanya itu. Kejadian itu menjadi pelajaran bagi anggota yang lain untuk berbuat baik.

"Saya sebagai pimpinan Polri di Sumsel turut belasungkawa atas kepergian prajurit terbaik kami yang gugur. Ini menjadi pelajaran anggota lainnya untuk berbuat baik, teruslah berbuat baik," ungkap Eko.

Dikatakan, almarhum mengemban tugas negara di Papua sejak Januari 2021 dan rencananya berakhir Juli 2021. Almarhum bersama dua rekannya terlibat baku tembak dengan KKB. Dua orang korban lain yakni Ipda Anton Tonapa tertembak bagian punggung atas dan Bripka M Syaifudin tertembak di bagian perut.

"Misi yang diemban oleh anggota TNI-Polri di Papua tidaklah muda. Mereka yang turun telah mempertaruhkan seluruh jiwa raganya untuk ibu pertiwi. Ini jadi momentum untuk berbuat baik dan NKRI harga mati," tegasnya.

Kamin Ops Pas Pelopor Korps Brimob Polri Kombes Pol Ardiansyah Daulay mengatakan, kondisi di lapangan sudah kembali stabil. Pihaknya akan kembali menjalankan tugas di Papua selepas pengantaran jenazah Wira ke kampung halaman.

"Dari satuan semua sudah sehat. Kami akan menjalankan perintah Presiden agar semua tugas yang diemban berjalan lancar," kata dia. (mdk/bal)

Baca juga:
Ketua MPR: Tegas pada KKB Bukan Pelanggaran HAM
Dankor Brimob Jenguk Dua Anggota Polri Korban Luka Serangan KKB Papua
Kapolri Perintahkan Satgas Terus Kejar KKB di Papua, Negara Tidak Boleh Kalah
Kapolri Beri Kenaikan Pangkat 3 Anggota Brimob Terlibat Baku Tembak KKB Papua
Dankor Brimob Pastikan TNI-Polri Terus Buru KKB: Kita Ingin Papua Damai
9 Anggota KKB Tewas dalam Kontak Senjata di Puncak Papua

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami