Kapolres Jaksel Sebut Demo Depan KPK Tertib Meski Diwarnai Bakar Spanduk

PERISTIWA | 14 September 2019 19:54 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama menyebut aksi unjuk rasa di depan gedung KPK berjalan tertib meski massa sempat membakar sejumlah spanduk dan poster.

"Alhamdulillah pelaksanaan demo hari ini berjalan dengan aman, lancar, kondusif, tidak ada terjadi keributan. Semua berjalan lancar," kata Bastoni di KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).

Meski begitu, aksi yang mendukung Revisi UU KPK tersebut sempat adanya aksi bakar spanduk dan beberapa poster yang dibawa oleh para demonstran. Aksi bakar spanduk dan poster dilakukan di hadapan aparat kepolisian yang berjaga.

"Sebagai aparat kepolisian kita harus melihat situasi dan kondisi. Tetap pada prinsipnya tidak boleh dan dilarang. Cuma kita pakai pendekatan situasional, tapi tidak sampai menimbulkan konflik dengan massa. Tunggu mereda baru dipadamkan ya," ujarnya.

Dalam aksi ini sendiri, pihaknya telah menurunkan sejumlah personel untuk menjaga ratusan massa aksi yang dilakuka dari siang hingga sekitar pukul 18.00 Wib.

"Untuk unjuk rasa ini kita menurunkan sekitar 400 personel. Selanjutnya, malam nanti, ada 100 personil untuk mengamankan dan seterusnya. Ketika ada aksi unjuk rasa, kita akan menurunkan personil sesuai dengan jumlah massa yang ada," sebutnya.

"Terus akan kita lakukan kalau ada aksi-aksi massa berikutnya. Kalau tidak ada lagi, tentunya pengamanan akan dikendorkan," sambungnya.

Baca juga:
Saut Situmorang Tegaskan Dirinya Tidak Mundur dari Pimpinan KPK
Kapolres Jaksel Sebut Demo Depan KPK Tertib Meski Diwarnai Bakar Spanduk
Remaja di Bawah Umur Ikut Aksi Depan KPK, Ngaku Dibayar Rp 50.000
Irjen Firli: Jabatan Ketua KPK Tanggung Jawab Dunia Akhirat
Srikandi Ikut Aksi di Depan KPK

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT