Kapolresta Solo Ajak Dialog Warga Papua Dengan Bahasa Jawa Halus

PERISTIWA | 24 Agustus 2019 02:33 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Vandalisme terkait Papua ditemukan di sejumlah wilayah di Kota Solo, Kamis kemarin. Satpol PP menemukan tiga lokasi vandalisme bertuliskan 'Papua Merdeka' di Jalan dr Sutomo, Kalitan, Jalan Juanda dan Jalan Ronggowarsito sekitar RS PKU Muhammadiyah.

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mengaku telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga agar kondisi Kota Solo tetap kondusif. Termasuk dengan warga asal Papua yang tinggal atau sedang menempuh pendidikan di Solo.

"Tadi kita sudah berkomunikasi dengan teman-teman kita yang dari Papua. Mereka juga merasa tidak nyaman dengan adanya isu vandalisme kemarin. Mereka mengatakan bahwa itu bukan kita. Maka dari itu kita harus bijak melihat apakah itu hanya provokatif atau benar," ujar Andy, Jumat (23/8).

Sementara itu dalam dialog yang diunggah di instagram andy_lamghan miliknya, Kapolresta baru itu nampak akrab berdialog dengan 2 orang asal Papua. Andy bahkan sesekali menggunakan bahasa Jawa dan menguji kelihaian Pace Ricko pria asal Serui berbahasa Jawa Halus (kromo inggil).

"Coba ngomong Jawa bisa enggak," tanya Andy. "Saget (bisa) pak," balas Pace.

Sesaat kemudian Andy kembali menguji dengan kalimat lainnya. "Coba kalau, 'saya suka bang tinggal di Solo, soalnya Solo kotanya sejuk, aman, masyarakatnya baik', coba gimana?," katanya. Pertanyaan tersebut dijawab dengan lancar oleh Pace.

"Kulo ten Solo niki krasan, terutama penduduk, kalih kulo niku supel sedoyo. Dadose selama kulo ten mriki mboten wonten gangguan nopo nopo," timpalnya.

Lebih lanjut Andy meminta agar masyarakat tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan aksi vandalisme tersebut. Masyarakat juga diminta untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah aksi serupa. Saat ini pihaknya sedang mengupayakan untuk mengungkap aksi tersebut.

"Masih kita selidiki motif dari vandalisme dari beberapa tempat itu. Pencegahan kita lakukan dengan patroli di tempat-tempat rawan. Kita juga sampaikan kepada Babinkantibmas agar mengajak masyarakat menjaga lingkungannya," pungkas dia.

Baca juga:
Demo Soal Papua, Mahasiswa di Solo Bawa Spanduk Isi Ajakan Damai
Romo Magnis Minta OPM Hentikan Pendekatan Bersenjata
'Kita Banyak Utang Budi ke Papua, Karena Itu Jangan Kita Lukai'
Amien Rais Minta Jokowi Prioritaskan Masalah Papua, Tunda Dulu Pemindahan Ibu Kota
Dialog Menyelesaikan Masalah Papua

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT