Kapolri Beri Kesempatan Masyarakat Asli Papua Jadi Polisi

Kapolri Beri Kesempatan Masyarakat Asli Papua Jadi Polisi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 16 Juni 2021 14:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan penanganan masalah di Papua dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Sigit menyebut, pihaknya melakukan pendekatan halus atau soft approach.

"Kita membuka ruang untuk melakukan kegiatan kegiatan soft approach, soft approach yang kami lakukan melalui pendekatannya pembangunan kesejahteraan," katanya dalam rapat bersama komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6).

Dia menyebut, pendekatan pembangunan kesejahteraan tersebut berorientasi kepada perspektif sosial budaya, wilayah adat dan zona ekologis. Serta pembangunan berkelanjutan dan terfokus pada orang asli Papua.

"Mempererat asimiliasi budaya antara masyarakat pendatang dan masyarakat asli agar tidak terjadi gap (jarak)," lanjut eks Kabareskrim ini.

Sigit menyebut, beberapa waktu lalu Polri melakukan silaturahmi dengan para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat Papua. Dari hasil silaturahmi itu, ia harap mendapatkan formula untuk menuju hal-hal yang lebih khusus guna menyelesaikan permasalahan dan menekan potensi terjadinya kekerasan.

"Oleh karena itu kami tentunya memberikan kesempatan rekrutmen proaktif terhadap masyarakat asli Papua untuk menjadi anggota Polri," katanya.

"Termasuk terhadap masyarakat atau saudara saudara kita yang berada di luar Papua kami menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangun asrama asrama mahasiswa nusantara," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Kapolri: Kelompok MIT Pimpinan Ali Kalora Bersisa 9 Orang
Anggota DPR Ingatkan Kapolri Tindak Teroris Tanpa Melanggar HAM
Zona Merah Covid di DKI: Cipayung, Cilincing, Kelapa Dua, Kayu Putih dan Ciracas
Kapolri Klaim Kepercayaan dan Kepuasan Publik Terhadap Polri Meningkat
NasDem Minta Kapolri Evaluasi Jalur Sepeda di Jalan Sudirman Thamrin
Kapolri: Masyarakat Bisa Mendapatkan Pelayanan Polri Semudah Memesan Pizza

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami