Kapolri: Kami Sangat Welcome dengan Kritik

PERISTIWA | 17 Juli 2019 20:37 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Kapolri Jenderal, Tito Karnavian, menegaskan institusinya terbuka dengan kritikan dari para senior purnawirawan Polri. Menurutnya, kritik untuk kebaikan internal Polri.

Hal itu disampaikan Tito dalam acara wisudawan purna bakti perwira tinggi Polri di Auditorium PTIK-STIK, Jl Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

"Kalau ada hal yang negatif di internal yang juga bisa ditemukan kami juga tidak antikritik, kami sangat yakin juga temen-temen senior ingin Polri baik, untuk itu kami sangat welcome dengan kritik," kata Tito.

Menurutnya, dukungan dari senior tak hanya bentuk fisik, tapi juga suara. Tito mengatakan, para purnawirawan lebih bisa bebas bicara dibanding yang masih aktif.

"Kalau senior yang sudah purna mau ngomong apa aja bisa ngomong bebas, termasuk kalau untuk membela institusi bisa dengan tone yang lebih bebas, dengan irama yang lebih bebas, narasi yang lebih bebas," ucapnya.

Meski demikian, Tito berharap kritikan purnawirawan terhadap institusi tidak diumbar. Ia tak ingin Polri dianggap tak kompak.

"Kalau hal buruk sampaikan ke internal dan kita akan upayakan cari solusi jalan keluar dan memperbaiki yang kurang baik, namun kalau disuarakan di luar kurang baik, karena akan menjadi polemik seolah-olah Polri tidak solid, ini mungkin harapan kami kepada senior," imbuhnya.

Eks Kapolda Metro Jaya tersebut mengucapkan terima kasih kepada senior yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara.

"Saya ucapkan terima kasih pribadi sebagai pimpinan Polri dan seluruh jajaran Polri atas seluruh dedikasi pengabdian senior senior dan dukungan," tutup Tito Karnavian.

Baca juga:
Kapolri Ungkap Ada Lobi dan 'Logistik' Ratusan Kombes Demi Promosi Brigjen
Lepas Wisudawan Purnawirawan Polri, Kapolri Teringat Dikerjai Senior
KPK Harap Tim Gabungan Kapolri Umumkan Pelaku Penyiram Air Keras Novel Baswedan
Kepada Capaja TNI-Polri, Kapolri Beberkan Potensi-potensi Perpecahan Bangsa
Panglima TNI Ingatkan Capaja Jangan Main Pukul: Nanti Termehek-Mehek
Di Hadapan Capaja TNI-Polri, Tito Singgung Potensi Konflik di Indonesia
Kapolri Pelajari Laporan TGPF Soal 3 Jenderal Polisi dalam Kasus Novel Baswedan

(mdk/lia)