Kapolri ke Kabareskrim Komjen Agus: Tegakkan Hukum Berkeadilan

Kapolri ke Kabareskrim Komjen Agus: Tegakkan Hukum Berkeadilan
Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto Sambangi Mako Batalyon Blora. ©2020 Merdeka.com/Nur Habibie
PERISTIWA | 24 Februari 2021 16:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memimpin serah terima jabatan atau sertijab sejumlah pejabat tinggi, salah satunya Kabareskrim Polri. Dia pun berpesan agar pejabat yang baru dapat menegakkan hukum secara berkeadilan.

"Bapak Kabareskrim Polri, tolong betul-betul mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena masyarakat masih mendapati suasana kebatinan yang dirasakan oleh hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas," tutur Listyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Listyo meminta agar Polri dapat sepenuhnya mendengarkan suara masyarakat. Sebagai penegak hukum, sudah seharusnya berlaku tegas dan berkeadilan dalam menjalankan tugas.

"Masalah restoratif justice sebagai bentuk penyelesaiaan permasalahan, kita coba formulasikan dengan baik. Tapi kita harus tegas, manakala terhadap hal-hal yang berdampak keselamatan jiwa manusia, berdampak dengan masalah konflik horizontal," jelas dia.

Kabareskrim Polri yang baru, Komjen Agus Andrianto menambahkan, dia akan berupaya bersama dalam mewujudkan transformasi Polri demi penegakkan hukum yang berkeadilan.

"Beliau juga menekankan beberapa hal terkait dengan pengawalan terkait ekonomi nasional, pengawalan masalah satgas pangan, kemudian masalah tanah, mafia tanah maksud kami, kemudian pengawasan terhadap subsidi pupuk yang begitu banyak tapi belum ada output sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden beberapa saat lalu," kata Agus.

Termasuk juga penegakan hukum dengan menjunjung hak asasi manusia atau HAM. Agus menegaskan, dirinya akan menjalankan tugas sesuai amanat Kapolri dan Presiden.

"Untuk itu mohon waktu, mudah-mudahan apa yang menjadi arahan Pak Kapolri kepada kami untuk pengembangan kasus penegakkan hukum bisa mewujudkan penegakkan hukum berkeadilan," Agus menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra (mdk/ray)

Baca juga:
Kabareskrim: Virtual Police Peringatkan Akun Medsos Penyebar Konten Ujaran Kebencian
Penegak Hukum Diingatkan Hati-Hati Proses Kasus Nakes Mandikan Jenazah Lawan Jenis
Sambangi Mabes Polri, Sandiaga Koordinasi Soal Lima Destinasi Super Prioritas
Politikus PDIP: Jual Senjata ke KKB Bentuk Pengkhianatan kepada NKRI
Wujudkan Transparansi Polri, Kapolri Resmikan Aplikasi Dumas Presisi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami