Kapolri Lantik Wakapolri, Kabareskrim dan Kabaharkam

PERISTIWA | 26 Desember 2019 16:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Gatot Eddy Pramono menjadi Wakapolri. Dengan pelantikan tersebut, kini pangkat Gatot Eddy yang sebelumnya Kapolda Mentro Jaya bintang dua menjadi bintang tiga, atau menjadi Komisaris Jenderal (Komjen).

Pelantikan dilaksanakan di Aula Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/12). Selain melantik Gatot menjadi Wakapolri, Idham Azis juga melantik Irjen Agus Andrianto menjadi Kabaharkam dan Irjen Listyo Sigit menjadi Kabareskrim. Agus, dan Listyo kini mengemban pangkat Komjen.

Selain ketiga orang tersebut naik menjadi Komjen, ada sembilan anggota Polri yang naik jabatan menjadi Irjen, 12 Kombes naik ke Brigjen dan 90 orang AKBP resmi menjadi Kombes. Dalam sambutannya, Kapolri Idham Azis mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut.

"Ini kita bisa menyelenggarakan dengan cepat proses kenaikan pangkat rekan-rekan yang beruntung," ujar Idham Azis.

Idham menyebut ada tiga momentum yang harus disyukuri dari kenaikan pangkat ini. Pertama yakni berterimakasih kepada Tuhan, kedua berterimakasih kepada Institusi Polri, dan ketiga kepada keluarga.

"Semoga kenaikan pangkat ini akan memacu dan memotivasi rekan-rekan untuk berbuat dan mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri," kata Idham.

"Kepada Ibu Bhayangkari, saya juga mengucapkan selamat, dukung terus bapak-bapaknya karena kehadiran ibu-ibu, motivasi ibu-ibu sangat dibutuhkan oleh bapak-bapak di dalam mengarungi kedinasan di institusi Polri ini," kata Idham Azis.

Kenaikan pangkat ini merupakan lanjutan dari keluarnya dua Surat Telegram (TR) yang diterbitkan oleh Kapolri melalui AS SDM Polri.

Untuk posisi Kabaharkam dan Kabareskrim tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan Jumat 6 Desember 2019.

Sedangkan Wakapolri, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri ST/3330/XII/KEP/2019 yang diterbitkan Jumat 20 Desember 2019.

Komjen Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen (Purn) Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun. Sebelumnya, Gatot Eddy menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sementara itu, posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh Irjen Nana Sujana yang sebelumnya menduduki Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara itu, Kapolda NTB akan diisi oleh Irjen Tomsi Tohir.

Sementara Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri diisi oleh Komjen Agus Andrianto setelah Komjen Firli menjadi Ketua KPK. Sedangkan, Kabareskrim diisi oleh Komjen Listyo Sigit. Posisi itu sempat kosong satu bulan setelah Idham Azis resmi naik menjadi Kapolri. (mdk/eko)

Baca juga:
Gubernur NTB: Irjen Nana Sudjana Jadi 'Cooling System' di NTB Usai Pilpres
Menghadap Jokowi, Wakapolri dan Kabareskrim Baru Naik Pangkat Jadi Komjen
DPR: Kapolda Metro Irjen Nana Kurang Populer Karena Banyak Kerja di Balik Layar
Gubernur NTB Soal Irjen Nana: Very Capable dan Tepat Memimpin Polisi di Jakarta
Komisi III DPR: Kapolda Metro Irjen Nana Sosok Tangan Dingin dan Matang
Komisi III DPR 'Wait and See' Kinerja Kapolda Metro Irjen Nana Sujana

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.