Kapolri & Panglima TNI: Kita Berikan Jaminan Keamanan Mahasiswa Papua

PERISTIWA » MALANG | 28 Agustus 2019 02:03 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjamin keamanan aktivitas warga dan mahasiswa Papua yang kerja ataupun berkuliah di luar Papua.

"Saya selaku Kapolri dan Pak Panglima TNI juga memberikan jaminan keamanan, tolong ini dicatat dan diberikan garis atau penekanan," kata Jenderal Tito Karnavian usai menggelar rapat tertutup di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Selasa, seperti diberitakan Antara.

"Kami memberikan jaminan kepada adik-adik mahasiswa Papua atau orang asli Papua yang tinggal di luar Papua kita berikan jaminan keamanan," katanya lagi.

Namun, kata mantan Kapolda Papua itu, orang Papua di ranah perantauan juga harus menghormati dan menghargai budaya dan adat istiadat setempat.

"Namun, namanya juga merantau, sama juga seperti orang pendatang dari luar Papua yang tinggal di sini, harus mampu beradaptasi dengan kehidupan masyarakat lokal setempat, saling menghargai dan menghormati itu penting," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar pertemuan tertutup di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua di Kota Jayapura, Selasa petang.

Namun sebelum itu, Kapolri dan Panglima TNI shalat bersama di Masjid Al Mukmin di lingkungan Mapolda Papua.

Terlihat masuk dalam ruang rapat di Rastra Samara, diantaranya Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja, Danjen Kopasus Mayjen TNI Chantiasa, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham, Asrena Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin dan Kabinda Papua Brigjen TNI Napoleon serta sejumlah pejabat dari Mabes Polri.

Rapat tersebut berlangsung kurang lebih sejam yang membahas soal insiden yang belakangan ini terjadi di Papua dan Papua Barat.

Baca juga:
Reaksi Gubernur Lukas Enembe Ditolak Masuk Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya
Panglima TNI Dialog dengan Masyarakat Papua Bahas Insiden di Surabaya dan Malang
Gubernur Papua dan Jatim Gelar Upacara Adat Bakar Batu di Surabaya
Gubernur Lukas Enembe Ditolak Penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

(mdk/rhm)