Kapolri: Target Vaksinasi Merdeka, 3 Juta Divaksinasi pada 17 Agustus 2021

Kapolri: Target Vaksinasi Merdeka, 3 Juta Divaksinasi pada 17 Agustus 2021
Deklarasi Area Pelabuhan Makassar Wajib Vaksin. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 1 Agustus 2021 15:05 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh Polda menggencarkan vaksinasi merdeka. Langkah ini sebagai salah satu strategi mencapai target vaksinasi menuju herd immunity.

Targetnya, pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021, lebih dari 3 juta warga sudah divaksinasi.

"Jadi target kita 3 juta lebih yang akan divaksinasi dan di tanggal 17 Agustus, vaksinasi untuk mencapai dosis pertama yang diikuti dosis kedua bisa tercapai," kata Sigit kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (2/8).

Kapolri berharap seluruh Polda mencontoh DKI Jakarta dalam program vaksinasi. Dia memuji Polda Metro yang sudah menjadi inisiator strategi dengan mendekatkan kegiatan vaksinasi sampai dengan tingkat RW.

"Ini tentunya membutuhkan kekompokan pengorganisasian yang kuat dengan keterlibatan yang kuat," tambahnya.

Sigit mengimbau masyarakat ikut serta dalam vaksinasi merdeka. Supaya herd immunity bisa tercapai. Agar kesehatan dan ekonomi dapat berjalan beriringan.

"Karena syarat agar pertumbuhan ekonomi bisa kembali berjalan maka kesehatan menjadi prioritas agar kemudian ekonomi bisa berkembang. Karena keduanya tidak bisa dipisahkan namun kesehatan tentunya menjadi salah satu faktor atau syarat mutlak untuk aktivitas masyarakat bisa berjalan," tuturnya.

Jika laju penyebaran Covid-19 bisa terkendali, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa diturunkan levelnya. Sehingga ada pelonggaran untuk ekonomi masyarakat.

"Sebagai syarat menurunkan level betul- betul terwujud, sehingga beban ekonomi di masyarakat bisa berkurang," imbuhnya.

Program Vaksinasi Merdeka Polda Metro Jaya

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah dalam menekan angka kasus Covid-19, salah satunya dengan program percepatan vaksinasi. Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Alodokter untuk mengajak tenaga kesehatan menjadi relawan medis pada program Gerakan Vaksinasi Merdeka.

Program ini digelar secara serentak mulai tanggal 1 - 17 Agustus 2021. Proses Vaksin akan diselenggarakan di 900 RW yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Relawan medis yang tergabung terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi, Perawat, dan Bidan yang akan melakukan pelatihan dan rapat teknis pada tanggal 28-31 Juli 2021, sebelum melakukan tugas selama periode Gerakan Vaksinasi Merdeka berlangsung.

"Masih banyak masyarakat yang membutuhkan vaksin untuk dapat meminimalisir terpapar virus Covid-19." ujar Suci Arumsari selaku Co- Founder dan Director Alodokter dalam rilis yang diterima merdeka, Jumat (30/7).

Polda Metro Jaya juga akan mendukung penuh dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan menyediakan berbagai kebutuhan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan dukungan dari tenaga medis dan seluruh lapisan masyarakat, Alodokter bersama Polda Metro Jaya optimistis program ini dapat berjalan lancar. Banyak orang dapat terbantu untuk menerima vaksin sebagai usaha mengatasi pandemi Covid-19.

"Pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari virus Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara dan masyarakat yang terkena dampak pandemi." ungkap Irjen Pol Mohammad Fadil Imran selaku Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya.

Selain itu, melalui Alomedika yang merupakan platform komunitas dokter yang dimiliki Alodokter sebelumnya telah mengadakan program Pelatihan Vaksinator secara berkala yang ditujukan bagi para tenaga medis. Program-program yang telah dilaksanakan oleh Alodokter dan Alomedika diharapkan dapat mendukung Pemerintah dalam percepatan vaksinasi di Indonesia. (mdk/noe)

Baca juga:
Pemprov DKI Masih Kaji Sertifikat Vaksin Covid-19 Sebagai Syarat Beraktivitas
Kemenkes Ingatkan Komunitas Koordinasi dengan Dinkes Saat Gelar Vaksinasi Covid-19
Mahfud MD: Perlu Dukungan Pimpinan Agama untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19
Indonesia Kembali Terima Vaksin Moderna dan AstraZeneca
Anies Baswedan: Kalau Besok Mau ke Pasar, Hari ini Vaksin
Gerai Vaksinasi Covid-19 Disiapkan di 900 RW di Wilayah DKI Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami