Kapolri Tito imbau masyarakat perbanyak gelar deklarasi damai

Kapolri Tito imbau masyarakat perbanyak gelar deklarasi damai
PERISTIWA | 24 September 2018 16:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolri Jendral Tito Karnavian meminta masyarakat turut andil menjaga keamanan dan kedamaian jalannya Pemilu 2019. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggelar berbagai kegiatan deklarasi damai.

"Lakukan langkah preventif misalnya dengan deklarasi damai sebanyak-banyaknya sebagai cooling system. Kebersamaan harus diangkat," katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Sementara pihak TNI dan Polri bersama dengan KPU, Bawaslu, serta lembaga terkait lainnya pun berupaya memaksimalkan upaya pengamanan.

"Dengan rapat vicon (video conference) bersama ini, Menko (Wiranto) sudah perintahkan seluruh jajaran segera menggulirkan rakor. Pertama mengidentifikasi potensi kerawanan daerah masing-masing," jelasnya.

Tito menegaskan, upaya pihak tidak bertanggung jawab yang bermaksud memecah belah masyarakat lewat Pemilu 2019 ini akan ditindak tegas. Termasuk para pelaku kampanye hitam.

"Black campaign, kampanye tidak benar, kita lakukan tindakan tegas. Kita imbau mobilisasi massa yang provokatif dan memicu konflik dihindari meski ada periodenya ada, tapi kita akan jaga. Kita imbau positif kampanye," tutupnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Pengamanan Pemilu 2019, Kapolda Metro antisipasi terorisme hingga berita hoaks
Rapat pengamanan Pemilu 2019, Wiranto petakan daerah rawan konflik
Menagih komitmen hadirkan Pemilu bersih
Suara caleg eks napi korupsi
Polemik mantan koruptor dilarang nyaleg
11 Ribu personel Polri-TNI disebar amankan 16 ribu TPS di Kalbar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami