Kapuspen TNI sebut Pangkostrad Edy Rahmayadi ajukan pensiun dini, maju Pilgub Sumut?

PERISTIWA | 5 Desember 2017 22:50 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo merotasi 85 perwira tinggi. 85 perwira tinggi itu meliputi 46 angkatan darat, 28 angkatan laut dan 11 angkatan udara.

Dari 46 perwira tinggi angkatan darat itu salah satunya adalah Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi. Jabatan Pangkostrad tersebut nantinya akan dijabat oleh Mayjen TNI Sudirman, yang saat ini menjabat sebagai Asops Kasad.

Kapuspen Mabes TNI Brigjen M Sabrar Fadhilah menyebut Letjen Edy Rahmayadi mengajukan pensiun dini sebagai Pangkostrad kepada Mabes TNI. Pengajuan pensiun dini Letjen TNI Edy Rahmayadi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017, tanggal 4 Desember 2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

"Beliau (Letjen Edy Rahmayadi) mengajukan pensiun dini kepada Panglima TNI. Saya tidak tahu persis apa alasan beliau mengajukan pensiun dini," kata Sabrar Fadhilah ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa (5/12). Seperti diberitakan Antara.

Ketika ditanyakan apakah pensiun dini itu karena Letjen Edy Rahmayadi akan mengikuti Pilkada Sumatera Utara, Kapuspen mengatakan, bisa ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan.

"Saya tidak tahu apakah beliau akan maju pada Pilkada Sumut. Beliau tidak memberikan alasan pengajuan pensiun dininya," kata Sabrar Fadhilah.

Sebelumnya diketahui, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi mendaftar sebagai bakal calon gubernur Sumatera Utara ke Partai Amanat Nasional (PAN). Untuk melengkapi dukungan, Ketua Umum PSSI itu juga mendaftarkan diri ke parpol lain, di antaranya ke PDI Perjuangan dan Partai NasDem.

Jenderal bintang tiga ini pun mengungkap perkembangan rencananya maju dalam Pilgub Sumut. Eddy membeberkan partai mana saja yang sudah dipastikan akan mendukungnya sebagai calon Gubernur pada Pilgub Sumut.

"Hanura, Gerinda, PKS sama PAN. Pasti, Insya Allah," ucap Edy saat menghadiri acara ngunduh mantu Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu, Sabtu (25/11).

Ditanya soal siapa yang menjadi bakal calon wakil gubernur pendampingnya, Edy mengaku masih menimbang-timbang. Ketika nama Musa Rajecshah alias Ijeck yang disebut-sebut selama ini, dia tak mau menjawab pasti.

Ketika ditanya siapa pasangan yang diinginkan, Eddy menjawab sambil tertawa. "Wartawan," sebut Edy.

85 Jenderal TNI dimutasi, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi diganti Mayjen Putranto

Komisi I minta TNI harus siap dipimpin Marsekal Hadi Tjahjanto

Kemendikbud gandeng TNI perkuat pendidikan karakter

Perintah Panglima untuk para komandan hadapi panasnya Pilkada & Pilpres

Anggota Kodim Bekasi dikeroyok 20 orang saat lagi nyambi jadi tukang ojek

Begini cara Presiden Soeharto pilih jenderal untuk Panglima TNI

Kemendikbud dan TNI kerjasama perkuat pendidikan di daerah perbatasan

(mdk/gil)