Karantina 247 Warga Joyotakan Berakhir, Pemkot Solo Tunggu Hasil Tes Swab

Karantina 247 Warga Joyotakan Berakhir, Pemkot Solo Tunggu Hasil Tes Swab
PERISTIWA | 30 Mei 2020 23:33 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Karantina wilayah yang dilakukan 247 warga Joyotakan, Serengan, Solo sejak 16 Mei lalu berakhir. Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan warga kini masih menunggu hasil tes swab terhadap 6 warga yang reaktif saat dilakukan rapid test.

"Karantina wilayah 90 KK (kepala keluarga) di Joyotakan hari ini (Sabtu) selesai. Kita tinggal nunggu hasil swab saja," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Sabtu (30/5).

Siti mengatakan, Pemkot Solo belum ada niatan untuk memperpanjang karantina wilayah. Karena sesuai aturan karantina wilayah untuk memutus penyebaran Covid-19 hanya dilakukan selama 14 hari. Saat karantina berlangsung, pihaknya melakukan rapid test 247 warga di dua RT, 20 Mei lalu dan hasilnya 6 orang dinyatakan reaktif.

"Kami langsung menindaklanjuti temuan itu dengan test swab di laboratorium Rumah Sakit UNS. Hasilnya belum keluar, harapannya negatif," katanya.

Siti menambahkan, karantina wilayah tersebut dilakukan setelah ditemukan kasus 7 orang dalam satu keluarga reaktif rapid test setelah kontak langsung dengan pasien no 25 Covid-19. Bahkan, tiga dari tujuh orang tersebut dinyatakan terpapar Covid-19 dari tes swab.

Sementara itu berdasarkan data terakhir gugus tugas penanganan Covid-19, jumlah kasus pasien terkonfirmasi sebanyak 33 orang.
Dari jumlah tersebut, 22 orang dinyatakan sembuh, 4 orang meninggal dan 7 orang dirawat.

"Untuk memutus penularan virus corona kita terus lakukan rapid test. Pagi tadi kita lakukan di Pasar Gede, Pasar Kadipolo, dan Pasar Legi. Hasilnya 14 orang reaktif," katanya. (mdk/lia)

Baca juga:
Anggota DPR Minta Pemerintah Rapid Test di Pesantren, Lindungi Santri Hingga Kiai
Antisipasi Covid-19, Warga Ciledug Ikuti Rapid Test Massal
Kekesalan Walkot Risma & Mobil Lab PCR yang Tak Kunjung Tiba di Surabaya
16 dari 467 WNI Bekerja Sebagai ABK di Spanyol Reaktif Covid-19
Tiba di Indonesia, Ratusan ABK Nieuw Amsterdam & Carnival Splendor Jalani Rapid Test

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5