Karyawan PT Freeport Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 3 Orang

Karyawan PT Freeport Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 3 Orang
PERISTIWA | 31 Mei 2020 23:13 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule mengatakan jumlah karyawan PT Freeport yang meninggal bertambah menjadi tiga orang.

"Memang terjadi penambahan jumlah karyawan perusahaan penambangan terbesar di Indonesia yang meninggal akibat terjangkit Covid-19 setelah hasil pemeriksaan laboratorium terhadap pasien yang meninggal Jumat (29/5) dinyatakan positif. Pasien laki-laki berusia 45 tahun itu selain terjangkit Covid-19 juga mengidap penyakit penyerta lainnya," jelas dr. Sumule di Jayapura, Minggu (31/5) malam seperti dikutip Antara.

Dalam keterangannya yang dilakukan melalui virtual meeting itu ia menjelaskan, dengan dinyatakan positifnya pasien yang meninggal di RS Tembagapura maka saat ini tercatat lima orang meninggal akibat terjangkit virus corona.

Lima pasien Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Mimika sebagian besar memiliki penyakit penyerta, kata Sumule seraya menambahkan, saat ini jumlah positif di kawasan itu tercatat 272 orang.

Dari 272 orang yang positif tercatat 174 orang dirawat dan 93 orang dinyatakan sembuh, dengan PDP 37 orang serta ODP sebanyak 1.309 orang.

Dari tujuh distrik yang warganya terjangkit Covid-19 terbanyak di Distrik Tembagapura sebanyak 137 orang, menyusul Mimika Baru 79 orang, Wania 42 orang, Kuala Kencana 10 orang dan Kwamki Narama satu orang.

Ketika ditanya tentang laboratorium yang memeriksa sampel swab atau PCR, dr. Sumule mengaku yang sudah beroperasi optimal di Tembagapura sedang yang di Kuala Kencana belum beroperasi penuh akibat terbatasnya tenaga operasional.

"RSUD Mimika juga memiliki lab untuk memeriksa PCR namun alatnya saat ini mengalami gangguan dan dalam perbaikan dibantu teknisi dari pabrik pembuat alat tersebut," jelas dr Sumule. (mdk/bal)

Baca juga:
Jokowi: Situasi Sulit Masih akan Dihadapi, Perlu Daya Juang Kita untuk Melewati
KPU Godok Wacana Kampanye Online Cegah Penyebaran Covid-19
KPU Koordinasi dengan Kemenkes Rumuskan Protokol Covid-19 untuk Pilkada 2020
Cegah Salah Paham, Kemendagri Revisi Imbauan soal ASN Pengguna Ojek Online
Mulai 2 Juni 2020 Kota Tasikmalaya Jalani New Normal
Perpanjang PSBB di Tangsel, Airin Bolehkan Rumah Ibadah dan Kios Dibuka Kembali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5