Kasad Sebut 1.280 Orang di Secapa AD Terpapar Covid-19, 991 Perwira Siswa

Kasad Sebut 1.280 Orang di Secapa AD Terpapar Covid-19, 991 Perwira Siswa
PERISTIWA | 11 Juli 2020 18:40 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Sebanyak 1.280 siswa dan staf di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Hegarmanah, Kota Bandung, terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka yang terpapar dinyatakan dalam kondisi baik dan tanpa gejala.

"Jumlah dari pasien yang positif Covid di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat total 1.280 dari 1.280 itu 991 adalah perwira siswa. Sedangkan sisanya berarti ada 289 itu adalah staf atau anggota dari sekolah calon perwira angkatan darat beserta keluarganya, terhitung ada enam anggota keluarga di antara 289 itu," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa.

Andika menyampaikan dalam konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Sabtu (11/7).

"Dan dari sini saya akan menuju ke pusat pendidikan polisi militer di Cimahi untuk melihat 101 prajurit kami yang juga positif Covid, 101 itu terdiri dari 25 staf dan anggota dari pusat pendidikan polisi militer sendiri sedangkan 76 adalah siswa," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku menyampaikan fakta dan teori berhubungan dengan Covid-19. Selain itu, ia memberikan pesan agar mereka menjaga keyakinan untuk sembuh. Karena, meski mayoritas berstatus orang tanpa gejala (OTG), sebagian dari mereka tetap merasa khawatir.

"Semua yang berada di depan saya tidak merasakan apa-apa. Tapi sebagian, mereka justru kepikiran. Inilah yang saya sampaikan, saling menguatkan. Kalau soal pengawalan agar mereka lebih baik, pemberian obat, vitamin, cukup tidur, cukup makan, sudah dihandle oleh komandan Secapa komandan pusdikpom, diawasi," kata dia.

"Tetapi mereka harus saling menguatkan dalam hal psikis. Sebelum tidur jam 9, sebelah sebelah, coba bilang, misalnya Fauzi kamu sembuh, saya juga bisa sembuh, kita semua bisa sembuh. Sehingga quality tidur itu menjadi maksimal. Kalau kepikiran, tidak bisa tidur yang harusnya tidur delapan jam, jadi tidur dua jam. Dua jam ini yang kemudian stamina tidak meningkat saat bangun pagi. Hal hal ini lah yang saya sampaikan kepada mereka," pungkasnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Saat Covid-19 'Menyerang' Sekolah Prajurit
Doni Monardo Soal Klaster Secapa AD: 17 Dirawat, Sisanya Beraktivitas Biasa
Gugus Tugas Covid-19 Periksa Lokasi Aktivitas Perekonomian Sekitar Secapa AD
Klaster Secapa TNI AD Sudah Terkendali, Masyarakat Diminta Tak Khawatir
Jubir Covid-19: Pasien Positif di Secapa & Cimahi Membaik, Keluhan Batuk Minimal
Besok, Kasad Andika Akan Sampaikan Langsung Kasus Covid-19 di Secapa TNI AD

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami