Kasus Cebongan, 12 anggota Kopassus hadapi tuntutan

Kasus Cebongan, 12 anggota Kopassus hadapi tuntutan
Sidang kasus Lapas Cebongan. ©2013 Merdeka.com/parwito
PERISTIWA | 31 Juli 2013 10:30 Reporter : Parwito

Merdeka.com - 12 Anggota Kopassus yang terlibat dalam penembakan tahanan titipan di Lapas Cebongan, hari ini akan mendengarkan tuntutan dari oditur militer dalam persidangan di Pengadilan Militer Yogyakarta.

Seperti biasa, sidang kali ini, ratusan orang dari berbagai organisasi masyarakat menggelar aksi dukungan. Aksi ini diikuti Front Anti Komunis Indonesia (FAKI), Kokam Klaten, FKPPI, Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan Yogya dan Paksi Keraton (FKPM).

Mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu masuk Pengadilan Militer yang dalam orasinya menyerukan bahwa tindakan aksi 12 anggota Kopassus itu merupakan aksi memusnahkan preman. Tetapi bukan rencana untuk melakukan aksi pembunuhan balas dendam.

"Sehingga tindakan mereka adalah tindakan kepahlawanan. Mari kita serukan kepada hakim untuk mengetuk hati nuraninya. Supaya mengerti bahwa tindakan para anggota Kopasus adalah untuk menghilangkan aksi premanisme yang terjadi di Yogyakarta," ungkap Bonek dari Forum Jogja Rembug (FJR), salah seorang peserta aksi dalam orasinya Selasa (31/7).

Selain itu, dalam orasinya mereka juga menyerukan untuk mewaspadai gerakan para organisasi atau LSM yang merupakan kaki tangan asing. Sebab, sampai saat ini terdapat beberapa organisasi dan LSM yang bergerilya untuk menekan dan melakukan tindakan represif terhadap jalanya sidang.

"Kita harus kawal terus proses persidangan ini supaya majelis hakim memberikan tuntutan yang seadil-adilnya,"teriaknya.

Sampai berita ini ditulis, ratusan masa tetap bertahan dan melakukan orasinya. Sementara itu, didalam ruang sidang Otmil Bantul, Yogyakarta pembacaan tuntutan masih terus berlangsung.

Ratusan warga ikut menyaksikan jalanya sidang dengan agenda tuntutan ini. Selama sidang berlangsung. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami