Kasus Covid Tembus 1 Juta, Menkes Perkuat Testing, Tracing dan Isolasi Mandiri

Kasus Covid Tembus 1 Juta, Menkes Perkuat Testing, Tracing dan Isolasi Mandiri
Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 26 Januari 2021 18:50 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan kementerian kesehatan akan bekerja lebih keras dalam menerapkan testing, tracing, dan isolasi mandiri untuk mengatasi pandemi Covid-19. Hal tersebut seiring dengan bertambahnya angka kasus positif di Indonesia menembus 1.012.350 pasien.

"Ini tanggung jawabnya ada di Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar kita bisa mengidentifikasi dan mengurangi lagi penularan kita harus juga melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat dari yang sudah positif, sehingga kita bisa mengurangi laju penularan," kata Budi di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/1).

Dia pun berharap masyarakat ikut bekerja sama dalam mengatasi pandemi ini. Budi juga mengatakan pihaknya akan menyiapkan tempat isolasi yang nyaman. Dengan begitu orang yang terpapar Covid-19 bisa pulih tanpa menulari teman lain.

"Di sini kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras untuk memastikan bahwa program testing program tracing atau pelacakan dan program isolasi kita bisa lakukan dan kita eksekusi dengan baik," ungkap Budi.

Sementara itu, dia meminta agar masyarakat bisa bekerja sama lebih keras lagi dengan pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Bapak Ibu untuk mengurangi laju penularan virus. Kita harus disiplin memakai masker mencuci tangan menjaga jarak. Ini sangat susah dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini," kata Budi

Dia menegaskan kehidupan sebelum dan sesudah pandemi berbeda. Sebab itu dia berharap seluruh pihak bisa mengingatkan satu sama lain untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Mengingatkan teman-teman kita mengingatkan keluarga kita dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita agar kita disiplin protokol kesehatannya kita patuhi, memakai masker mencuci tangan menjaga jarak," ungkap Budi. (mdk/eko)

Baca juga:
1 Juta Kasus Covid-19 Indikasi Rakyat dan Pemerintah Harus Kerja Lebih Keras
Penelitian: Covid-19 Berisiko Picu Penyakit Mental dan Kelainan Otak
Raup Rp 93,3 M di 2020, Ekspor Ikan Hias Bandung Kebal Pandemi Covid-19
Kasus Covid-19 Tembus 1 juta, Menkes Ajak Warga Merenung & Kerja Keras Atasi Pandemi
Wali Kota Depok Jalani Persiapan Jadi Donor Plasma Kovalesen

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami