Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Mobil dan Sertifikat dari Tersangka Syahwirman

PERISTIWA | 17 Januari 2020 10:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita dua unit mobil milik mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan. Barang itu disita dari kediaman Syahmirwan di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, menjelaskan dua mobil yang sita adalah Innova Reborn dan CRV. Selain itu, ada sejumlah dokumen yang diamankan.

"Sertifikat tanah, dan beberapa surat berharga berupa polis asuransi serta deposito yang nantinya akan dijadikan barang bukti," kata Hari dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1).

Dia menyebut, penggeledahan dan penyitaan aset dilakukan untuk mencari aset milik para tersangka untuk mengembalikan kerugian negara.

1 dari 2 halaman

Sebelumnya, Kejagung juga telah melakukan sejumlah penyitaan aset kepada tersangka kasus Jiwasraya, mulai dari sejumlah mobil bermerek hingga motor Harley Davidson.

Selain itu, Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menyatakan pihaknya telah memblokir rekening kustodian milik para tersangka kasus dugaan korupsi perusahaan asuransi PT Jiwasraya.

Pemblokiran ini dilakukan menyangkut dengan pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT Jiwasraya oleh beberapa perusahaan dalam rentang tahun 2008 hingga 2018.

Tim telah melakukan pemblokiran rekening efek dan rekening kustodian efek dan rekening kustodian para tersangka," kata Hari di Kompleks Kejaksaan Agung Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Selain pemblokir rekening, tim penyidik dan tim pelacakan aset pada subdit pelacakan aset dan barang bukti direktorat penyidikan jaksa tindak pidana khusus juga telah melakukan pemblokiran aset tanah milik tersangka. Namun demi kepentingan penyidikan total nilai aset terkait belum bisa dibeber secara rinci.

2 dari 2 halaman

Diketahui, Kejaksaan Agung menahan lima orang tersangka yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

Mereka adalah Komisaris Utama PT Hanson International Benny Tjokrosaputro (BT), Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (Tram) Heru Hidayat, Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo (HP), Mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim (HR), dan eks Kepala Divisi Investasi dan Keuangan pada PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan.

"Telah dilakukan penahanan terhadap lima tersangka sejak hari ini sampai 20 hari ke depan dan penahanan seperti diketahui juga kita pisah," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Adi Toegarisman, Selasa 14 Januari 2020, malam.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Kemenkeu Ancam Beri Sanski KAP Terlibat Kasus Jiwasraya dan Asabri
Daftar Kendaraan Mewah Milik Tersangka Korupsi Jiwasraya Disita Kejagung
Kejagung Blokir Rekening Kustodian Tersangka Korupsi Jiwasraya
Kementerian BUMN Sebut 4 Calon Investor Siap Bantu Sehatkan Jiwasraya
NasDem Lobi Fraksi Lain, Gerindra Masih Kaji Urgensi Pansus Jiwasraya

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.