Kasus Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Tim Saham Benny Tjokro

Kasus Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Tim Saham Benny Tjokro
Gedung Asabri. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 3 Desember 2021 06:00 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa seorang saksi dalam kasus dugaan korupsi Pengelolaan Keuangan dan Dana Investasi oleh PT Asabri. Saksi yang diperiksa berinisial RM selaku anggota tim saham terdakwa Benny Tjokrosaputro.

"Kejaksaan Agung memeriksa satu orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi PT Asabri pada beberapa perusahaan periode tahun 2012- 2019," kata Kapuspenkum Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangannya, Kamis (2/12).

RM dimintai keterangan terkait Tersangka Teddy Tjokrosaputro (TT). "Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di PT Asabri," ujar Leonard.

Sebelumnya, penyidik menetapkan Teddy Tjokrosaputro (TT) sebagai tersangka korupsi PT Asabri pada Kamis (26/8). Dia merupakan Presiden Direktur PT Rimo International Lestari, yang juga saudara kandung dari Benny Tjokrosaputro.

Tersangka diduga telah turut serta melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (Tipikor) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam pengelolaan keuangan dan investasi PT Asabri pada beberapa perusahaan periode tahun 2012- 2019. (mdk/yan)

Baca juga:
Peserta Pensiun Bisa Ajukan Klaim Asabri Lewat Aplikasi Online, Begini Caranya
Kasus Korupsi Asabri, Kejagung Periksa Direktur PT Mandiri Sekuritas
Kejagung Sebut Aset Terdakwa Korupsi Asabri yang Disita Capai Rp16,2 T
Sidang Kasus Korupsi PT Asabri, Saksi Ahli Ditanya Soal Kerugian Negara
Kejagung Sita Aset dari Kasus Korupsi Asabri Total Rp16,2 Triliun
Kasus Asabri, Kejagung Periksa Dirut PT Asia Raya Kapital

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami