Kasus pencurian pulsa, direksi Indosat dipanggil Polri

PERISTIWA | 16 Maret 2012 17:19 Reporter : Muhammad Mirza Harera

Merdeka.com - Setelah memeriksa Presdir PT XL Axiata Hasnul Suhaimi dalam kasus pencurian pulsa, Polri akan memanggil provider telepon seluler lain, yakni Indosat.

"Kami nanti akan memanggil provider berinisial I" kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution di gedung Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/3).

Namun Saud tidak menjelaskan kapan pemanggilan akan berlangsung. Saud juga mengatakan kasus ini harus segera diselesaikan karena merugikan banyak konsumen, belum lagi bagi orang-orang yang tidak melapor. Namun demikian, Saud belum bisa memastikan berapa kerugian total yang dialami masyarakat.

"Ini lagi diaudit (kerugiannya), nanti kita akan lihat servernya," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi diperiksa penyidik Direktorat II Tindak Pidana Khusus Bareskrim pada Selasa (13/3).

Dalam kasus ini, Polri telah menetapkan tiga tersangka. yaitu yang pertama Dirut PT Colibri Network yang merupakan perusahan content provider, Dirut PT PT Media Play, dan Vice President Digital Music and Content Management PT Telkomsel.

Ketiga orang tersangka tersebut dikenakan dengan Pasal 62 jo 8 ayat 1 huruf F jo pasal 9 ayat 1 huruf F, jo pasal 10 huruf A, jo pasal 13 ayat 1, jo pasal 14, jo pasal 15 Undang-undang Nomor 8 tahun 2009 tentang perlindungan konsumen. Dan atau pasal 45 ayat 2 jo pasal 28 ayat 1 undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE, dan pasal 362 KUHP dan 378 KUHP. Dan Pasal yang diterapkan untuk masing-masing tersangka berbeda, karena peranannya juga berbeda.

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT