Kasus Positif Corona di Kalteng Bertambah Menjadi 5 Orang

Kasus Positif Corona di Kalteng Bertambah Menjadi 5 Orang
PERISTIWA | 26 Maret 2020 17:40 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Wakil Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul mengatakan, jumlah pasien positif COVID-19 kembali bertambah dan kini totalnya menjadi lima orang. Suyuti meyakini, pasien positif yang baru masih merupakan kasus 'impor' atau bawaan dari luar daerah, sebab berdasarkan riwayat perjalanannya ada dari Jakarta.

Namun ada satu kasus positif yang masih dipelajari, apakah impor atau transmisi lokal perlu kajian tertentu.

"Jumlah pasien positif COVID-19 kembali bertambah dan kini menjadi lima orang. Satu orang yang baru dinyatakan positif ini adalah dewasa dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus," kata Syamsul di Palangka Raya dilansir Antara, Kamis (26/4).

Sementara itu, untuk semua pasien positif saat ini dalam kondisi baik. Bahkan, menurutnya, hampir tidak ada yang diinfus, kecuali satu orang dikarenakan memiliki penyakit bawaan.

"Kalau sampel terbaru yang kami kirimkan dari para pasien positif nanti ada hasil selanjutnya dan dinyatakan negatif. Maka yang sembuh akan kami antar ke rumahnya, sekaligus kami menegaskan yang sudah negatif berarti kondisinya baik dan tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng tersebut.

1 dari 1 halaman

Adapun jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) di Kalteng sebanyak 40 orang. Dengan rincian hasil negatif COVID-19 sebanyak 28 orang, positif 5 orang dan menunggu hasil laboratorium 7 orang.

Asal PDP yakni Palangka Raya 32 orang, Kotawaringin Barat, Murung Raya dan Katingan masing-masing 2 orang, serta Seruyan dan Barito Selatan masing-masing 1 orang.

Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) di Kalteng jumlah keseluruhannya mencapai 283 orang, bertambah sebanyak 35 orang dibandingkan hari sebelumnya yakni sebanyak 248 orang. Terbanyak masih di Palangka Raya, yaitu 75 ODP. (mdk/ray)

Baca juga:
Tenaga Medis yang Tinggal Sementara di Hotel Harus Punya Surat Pengantar
Polres Bangka Tengah Tindak Tegas Pemilik Tempat Hiburan Bandel Tetap Buka
Penambahan Kasus Positif Covid-19 Didominasi DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan
6 Pasien Positif Corona di Magetan Ternyata Sekeluarga, Ini 3 Fakta Terbarunya
Jamu 'Jokowi' Diklaim Bisa Cegah Corona dan Laris Manis di Solo, Ini Faktanya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami